Bursa Saham Amerika Cetak Rekor Tinggi Oleh Optimisme Baru Perdagangan AS-China

329

(Vibiznews – Index) – Postingan akun twitter Presiden Donald Trump berhasil  memberikan sentimen positif bagi bursa saham Amerika yang mencetak keuntungan besar khususnya bagi indeks Nasdaq dan S&P 500. Kedua indeks tersebut mengakhiri sesi beberapa saat lalu Jumat (13/12) di rekor tertinggi penutupan baru.

Pernyataan Trump dalam postingan twitternya memberikan optimisme baru bagi investor tentang kesepakatan perdagangan AS-China. Sehingga banyak saham-saham yang diborong, sekalipun kemudian indeks bergerak fluktuatif sampai penutupan yang menguat signifikan.

Indeks  Dow Jones naik 220,75 poin atau 0,8 persen menjadi 28.132,05, indeks Nasdaq naik 63,27 poin atau 0,7 persen menjadi 8.717,32 dan indeks S&P 500 melonjak 26,94 poin atau 0,9 persen menjadi 3.168,57.

“Semakin dekat dengan DEAL BESAR dengan Cina. Mereka menginginkannya, dan begitu juga kita!” Trump mengatakan dalam sebuah posting di Twitter sesaat setelah dimulainya perdagangan saham. Trump telah berulang kali menyatakan optimisme tentang kesepakatan perdagangan.

Saham kemudian memberikan beberapa kekuatan tetapi bergerak kembali ke atas setelah laporan mengatakan negosiator telah menyetujui persyaratan dari perjanjian perdagangan fase satu yang sekarang membutuhkan persetujuan Trump. Perkembangan terbaru  ini datang ketika Trump bertemu dengan penasihat perdagangan utama hari ini untuk membahas rencana saat ini untuk menaikkan tarif barang-barang Tiongkok senilai $ 160 miliar pada tanggal 15 Desember.

Sentimen perdagangan AS-China ini kemudian dibayangi oleh laporan dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan klaim pengangguran awal melonjak ke level tertinggi dua tahun dalam pekan yang berakhir 7 Desember. Kemudian sebuah laporan terpisah Departemen Tenaga Kerja juga melaporkan harga produsen AS tidak berubah di bulan November, karena harga barang yang lebih tinggi mengimbangi harga yang lebih rendah untuk jasa.

Secara sektoral, saham-saham energi bergerak naik tajam selama sesi perdagangan, karena tanda-tanda positif mengenai potensi kesepakatan perdagangan AS-China mendorong optimisme tentang prospek permintaan. Mencerminkan kekuatan di sektor energi, Philadelphia Oil Service Index dan NYSE Arca Natural Gas Index masing-masing melonjak 3,2 persen dan 3,1 persen.

Kekuatan substansial juga muncul di antara saham-saham perbankan, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 2,9 persen oleh Indeks Bank KBW. Indeks mengakhiri sesi pada level penutupan terbaik dalam lebih dari setahun. Demikian saham perangkat keras komputer, semikonduktor, jaringan, dan  baja juga mendapat kekuatan yang cukup besar.  Sementara itu saham sektor real estat komersial dan  tembakau bergerak sebaliknya dengan melawan tren naik.

Jul Allens, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here