EUR/USD Berbalik Turun Setelah Debut Lagarde & Trump Menggemborkan Harapan Perdagangan

177
Managing Director IMF, Christine Lagarde, menjadi pembicara dalam Seminar "Rhe Future of Asian Finance" yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Jakarta, Rabu (02/09/15). FOTO : Togu/Vibizmedia.

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan dibawah 1.1130 setelah Presiden Trump mengirim tweet bahwa Amerika Serikat sedang mendekati kesepakatan dengan Cina. Sebelumnya, ECB tetap mempertahankan tingkat bunganya tidak berubah dan Presiden ECB yang baru Largarde mengakui penurunan belakangan ini.

EUR/USD bertahan atas keuntungan selama separuh pertama hari kemarin, diperdagangkan di dalam rentang 20 pips menjelang keputusan dari ECB. Setelah pengumuman dari Federal Reserve AS, dolar AS tetap berada dibawah tekanan, walaupun matauang bersama Eropa ini tidak berhasil untuk mengalami rally melewati ketinggian 1.1145.

Sebagaimana yang telah diperkirakan, ECB tetap mempertahankan tingkat bunganya tidak berubah, memberikan pernyataan, sebagaimana the Fed, tidak adanya tekanan inflasi sebagai alasan utama dibelakang keputusan tersebut.

Selanjutnya yang ditunggu pasar adalah pidato dari Christine Lagarde dimana dia sedikit memberikan harapan, dengan mengatakan ada sebagian tanda awal dari stabilisasi di dalam perlambatan pertumbuhan dan sebagian tanda-tanda kehidupan di dalam inflasi.

Sementara itu, AS merilis data ekonomi Producer Price Index bulan November yang tetap datar dan naik hanya 1.1% dibandingkan dengan tahun lalu, meleset dari yang diperkirakan pasar. PPI inti hanya naik 1.3% YoY. “Initial Jobless Claim” untuk minggu yang berakhir tanggal 6 Desember lompat ke 252.000, pertambahan sebesar 49.000 dibandingkan dengan minggu lalu, menambah tekanan terhadap dolar AS dan mendorong pasangan matauang EUR/USD ke tinggian mingguan yang baru.

Secara tehnikal pasangan matauang ini tetap “bullish” dengan “resistance” yang terdekat berada pada 1.1180 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1220 dan kemudian 1.1250. Sedangkan “support” terdekat berada di 1.1110 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1090 dan kemudian 1.1065.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here