GBP/USD Turun Lebih Jauh Dari Ketinggian 9 Bulan Dekat 1.3100

206

(Vibiznews-Forex) GBP/USD memperpanjang penurunannya ditengah diperbaharuinya permintaan terhadap EUR dengan pengumuman kebijakan moneter ECB. Pemilihan umum di Inggris juga membebani dengan hasil polling menunjukkan menurunnya lebih jauh keunggulan dari partai Konservatif.

Menurut hasil polling terbaru, Tories sedang menuju kemenangan, namun keunggulan mereka berkurang dan sekarang selisihnya tinggal 9 poin. Polling MRP dari YouGov yang terpandang menunjukkan partai dari Johnson menang hanya dengan mayoritas 28 kursi dan juga ada kemungkinan munculnya “parlemen gantung”.

Sterling sempat naik sebelumnya yang merefleksikan kemenangan bagi partai yang  memerintah saat ini. Jika skenario ini menjadi kenyataan, poundsterling kemungkinan dapat sedikit memperpanjang keuntungannya namun juga bisa jatuh karena skenario “buy rumor, sell fact”. Hanya kemenangan mutlak yang bisa benar-benar memperpanjang kenaikan GBP/USD.

Selanjutnya “parlemen gantung” yang bisa memperpanjang ketidakpastian politik atau bahkan membuat Corbyn masuk ke Downing Street bisa mengirim poundsterling terjun bebas.

Diluar dari pemilihan umum di Inggris, Cable naik disebabkan melemahnya dolar AS setelah pidato dari gubernur Federal Reserve Jerome Powell ditambah dengan gembar-gembor dari Presiden AS Donald Trump bahwa Amerika Serikat sudah dekat dengan kesepakatan perdagangan dengan Cina.

Sementara itu, AS merilis data ekonomi Producer Price Index bulan November yang tetap datar dan naik hanya 1.1% dibandingkan dengan tahun lalu, meleset dari yang diperkirakan pasar. PPI inti hanya naik 1.3% YoY. “Initial Jobless Claim” untuk minggu yang berakhir tanggal 6 Desember lompat ke 252.000, pertambahan sebesar 49.000 dibandingkan dengan minggu lalu, menambah tekanan terhadap dolar AS

Secara tehnikal “bullish” masih memegang kontrol. “Resistance” terdekat berada pada 1.3228 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3275 dan kemudian 1.3380. Sedangkan “support” terdekat berada pada 1.3180 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3165 dan kemudian 1.3130.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here