Pan Eropean Stoxx 600 Naik Dipimpin Sektor Sumber Daya Dasar

277

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada Senin setelah AS dan China menyepakati kesepakatan perdagangan ‘fase satu’, meskipun investor cenderung tetap berhati-hati dengan beberapa detail yang masih belum jelas.

Pan-European Stoxx 600 naik 0,5% pada awal perdagangan, sektor sumber daya dasar memimpin dengan kenaikan 1% karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Washington dan Beijing mengumumkan pada hari Jumat bahwa kesepakatan telah dicapai sambil menunggu prosedur hukum, sebuah langkah maju yang signifikan setelah perang perdagangan 18 bulan yang memar.

Namun, pertanyaan telah diajukan oleh peserta pasar tentang beberapa detail dari kesepakatan yang masih kabur, terutama skala pembelian pertanian dan prospek China menyeimbangkan aliran perdagangan bilateral.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kepada CNBC pada hari Sabtu bahwa kesepakatan itu akan ditandatangani pada awal Januari dan tahap kedua kemudian dapat dinegosiasikan secara bertahap.

Bursa saham Asia bergerak bervariasi pada hari Senin ini dipimpin saham China daratan yang melonjak setelah rilis data output industri yang lebih baik dari perkiraan, sementara indeks di Jepang dan Hong Kong turun tipis.

Kembali di Eropa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan menyambut 109 anggota parlemen Konservatif baru ke parlemen pada hari Senin, berjanji untuk bergerak maju dengan cepat dengan Brexit dan untuk meningkatkan pendanaan ke Layanan Kesehatan Nasional (NHS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here