Poundsterling Naik Tinggi Karena Kemenangan Mutlak Boris Johnson

175

(Vibiznews-Forex) Pounsterling Inggris berdiam relatif tenang terhadap rival utamanya selama paruh pertama minggu lalu dengan para investor diam dipinggir menunggu pemilihan umum di Inggris meskipun fakta dari polling telah jelas bahwa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dari partai Konservatif kemungkinan menang secara mayoritas.

Dari perhitungan “exit polling” yang pertama menyentuh berita pada hari Kamis, GBP/USD naik lebih dari 300 pips hanya dalam waktu 15 menit dengan pasar bergembira atas kemenangan mutlak dari Boris Johnson (Tories). Partai Konservatif mengambil 365 kursi sementara oposisi utama partai Buruh ada di posisi kedua dengan 203 kurasi dan berkurangnya ketakutan akan terjadinya Brexit yang tanpa kesepakatan.

Pasangan matauang ini mencapai level tertinggi sejak pertengahan bulan Mei pada 1.3515 pada reaksi awal namun mengalami koreksi yang dalam pada hari Jumat kembali ke pertengahan 1.33an. Meskipun demikian, pasangan ini membukukan keuntungan mingguan untuk tiga minggu berturut-turut dan menambah lebih dari 3% sejak permulaan Desember.

Dipihak lain, kelemahan dolar AS yang luas membantu momentum “bullish” dari pasangan matauang ini tetap utuh. Pada hari Rabu Federal Reserve mengumumkan tetap mempertahankan tingkat bunganya tidak berubah dan Gubernur Jerome Powell mengadakan konferensi pers. Komentar dari Jerome Powell membuat “greenback” terpukul berat. Namun, dengan AS dan Cina mencapai persetujuan fase pertama dari kesepakatan perdagangan untuk menghindari kenaikan tarif pada tanggal 15 Desember membantu USD mengambil lagi sebagian dari kerugiannya.

Minggu ini, Bank of England akan mempublikasikan pernyataan kebijakan moneternya dan mengumumkan keputusan tingkat bunganya pada hari Kamis. Walaupun diperkirakan tidak akan membuat perubahan dari kebijakan moneternya, menarik untuk melihat bagaimana bank sentral Inggris ini mengevaluasi lenyapnya resiko Brexit. Dari AS, angka inflasi yang diukur oleh PCE Index akan diperhatikan dengan seksama oleh partisipan pasar.

Secara tehnikal, indikator menunjukkan posisi yang sudah “overbought”. Penurunan dari matauang ini akan berhadapan dengan “support” awal di 1.3267 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3200 dan kemudian 1.3025. Sedangkan “resistance” terdekat berada di 1.3441 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3548 dan kemudian 1.3700.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here