Harga Minyak WTI Amerika Bergerak di Bawah Rekor 3 Bulan

247

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak WTI Amerika kembali bergerak dalam kisaran atas US$60 dengan kenaikan tipis pada akhir perdagangan komoditas Selasa (17/12), setelah akhir pekan lalu sempat menyentuh harga tertinggi dalam 3 bulan. Kenaikan harga juga terjadi pada minyak acuan internasional yaitu Brent.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 16 sen menjadi $65,37 per barel, sementara itu harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate naik 14 sen   di dekat level tertinggi tiga bulan pada $60,21 per barel.

Kenaikan moderat terjadi di tengah harapan meningkatnya permintaan energi  dari kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan China yang diumumkan minggu lalu. Washington dan Beijing mengumumkan perjanjian fase satu,  beberapa tarif akan dikurangi dengan imbalan lompatan besar pembelian produk pertanian Amerika dan barang-barang lainnya di Tiongkok.

Kemajuan perdagangan dapat meningkatkan permintaan minyak, tetapi pasar masih menimbang manfaat dari kesepakatan itu. Pasar berhenti sejenak untuk mencerna kesepakatan perdagangan AS-China.

Pergerakan positif harga minyak juga mendapat dukungan  dari data ekonomi penting China yang menunjukkan output industri dan pertumbuhan penjualan ritel meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan November. Tetapi pertumbuhan di Tiongkok diperkirakan akan melambat lebih lanjut tahun depan, dengan kemungkinan target pertumbuhan pemerintah sekitar 6% pada tahun 2020, turun dari 6% -6,5% tahun ini.

Sebagai informasi, minyak Brent telah rally tahun ini  didukung oleh pembatasan produksi oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu-sekutu termasuk Rusia, yang bulan ini sepakat untuk menurunkan pasokan dengan tambahan 500.000 barel per hari pada 1 Januari.

Untuk pergerakan selanjutnya, harga minyak mentah berjangka WTI alami profit taking sepanjang sesi Asia dan akan meluncur ke posisi support di 59,70 – 59,00. Namun jika berbalik arah akan naik kembali menuju posisi resisten di 60,25 – 60,65.

Jul Allens, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here