Laporan API Memangkas Harga Minyak WTI Amerika di Asia

224

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak WTI Amerika terpantau bergerak retreat dari puncak rekor tinggi 3 bulan oleh profit taking pasar karena data industri AS (API) menunjukkan kejutan peningkatan pasokan minyak mentah. Namun harapan untuk permintaan yang lebih kuat tahun depan menahan penurunan harga yang lebih dalam.

Harga minyak mentah berjangka Brent yang merupakan acuan internasional turun 16 sen atau 0,15 persen menjadi $65,89 per barel, sementara itu harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate turun 16 sen atau 0,27 persen ke posisi $60.61.

Kesepakatan perdagangan  fase satu  AS – China yang diumumkan minggu lalu telah membantu menangkal beberapa tekanan dari pasar minyak, berkurang oleh kekhawatiran tentang dampak ekonomi dari perselisihan yang berkepanjangan antara dua konsumen minyak terbesar dunia.

Persediaan minyak mentah AS naik 4,7 juta barel dalam sepekan hingga 13 Desember menjadi 452 juta, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk penurunan 1,3 juta barel, menurut data dari kelompok industri American Petroleum Institute (API).

Untuk pergerakan selanjutnya, harga minyak mentah berjangka WTI alami profit taking sepanjang sesi Asia dan akan meluncur ke posisi support di 60,30 – 59,80. Namun jika berbalik arah akan naik kembali menuju posisi resisten di 60,70 – 61,15.

Jul Allens, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here