Optimisme Bisnis Desember Jerman Naik Tertinggi 6 Bulan

282

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme bisnis Jerman naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Desember mencapai level tertinggi enam bulan, sebagai tanda lebih lanjut bahwa ekonomi terbesar Eropa ini menunjukkan ketahanan secara keseluruhan meskipun ada krisis manufaktur.

Lembaga Ifo mengatakan indeks iklim bisnisnya naik menjadi 96,3 pada Desember dari revisi naik 95,1 pada November. Pembacaan Desember adalah yang tertinggi sejak Juni dan mengalahkan perkiraan konsensus Reuters 95,5.

“Ekonomi Jerman sedang menuju Tahun Baru dengan lebih percaya diri”, Presiden Ifo Clemens Fuest mengatakan dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa penilaian perusahaan tentang kondisi bisnis mereka saat ini dan prospek untuk enam bulan mendatang membaik.

Angka-angka menunjukkan bahwa ekonomi Jerman tumbuh 0,2% pada kuartal keempat, ekonom Ifo Klaus Wohlrabe mengatakan kepada Reuters, menambahkan bahwa sektor industri tetap dalam resesi dan hanya akan muncul perlahan-lahan dari penurunan itu.

Ekonomi Jerman telah melalui masa sulit ketika pabrikan yang berorientasi ekspor berjuang melawan latar belakang perselisihan perdagangan, industri mobil yang kesulitan, dan ketidakpastian atas rencana keberangkatan Inggris dari Uni Eropa.

Ekonomi berkembang hanya 0,1% pada kuartal ketiga, nyaris menghindari resesi, yang biasanya didefinisikan oleh para ekonom sebagai dua kuartal berturut-turut dari pertumbuhan negatif.

Ifo mengatakan produsen lebih optimis tentang prospek bisnis mereka selama enam bulan ke depan, meskipun penilaian mereka tentang situasi saat ini sedikit memburuk.

Indeks iklim bisnis Ifo yang diawasi ketat didasarkan pada survei sekitar 9.000 perusahaan di sektor manufaktur, jasa, perdagangan, dan konstruksi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here