Bursa Eropa Bergerak Mixed; Pemakzulan Trump Dicermati

428

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak mixed pada Kamis (19/12) dengan investor mencerna data ekonomi dan keputusan suku bunga dari bank sentral, dengan pasar menunjukkan reaksi minimal terhadap pemakzulan Presiden AS Donald Trump.

Indeks Stoxx 600 Eropa melayang di sekitar garis datar selama perdagangan sore, dengan sektor otomotif meluncur 0,7% untuk memimpin kerugian sementara saham minyak dan gas bertambah 0,7%.

Indeks FTSE menguat 0,12%. Indeks DAX melemah 0,45%. Indeks CAC turun 0,19%.

Riksbank Swedia mengakhiri lima tahun suku bunga negatif pada Kamis pagi, menaikkan suku bunga repo acuannya seperempat poin menjadi 0,0%.

Bank of England mempertahankan suku bunga utamanya stabil di 0,75% dengan komite penetapan suku bunganya memilih 7-2 untuk mempertahankan tingkat saat ini, dan memangkas proyeksi pertumbuhan PDB kuartal keempat AS dari + 0,2% menjadi + 0,1%.

Di Amerika Serikat, ada sedikit pergerakan pasar setelah DPR AS memilih untuk memakzulkan Presiden AS Donald Trump atas penyalahgunaan kekuasaan dan menghalangi kongres.

Sang ratu menguraikan rencana pemerintah baru Inggris pada hari Kamis setelah Partai Konservatif Perdana Menteri Boris Johnson mendapatkan mayoritas yang signifikan dalam pemilihan umum minggu lalu.

Dalam berita perusahaan, Airbus akan berakhir pada tahun 2019 dengan peningkatan pesanannya, Reuters melaporkan pada hari Rabu mengutip seorang eksekutif senior, mengalahkan saingan berat Boeing dalam pesanan dan pengiriman.

Sementara itu pembuat mobil Jerman Daimler dan BMW mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka berencana untuk keluar dari pasar berbagi mobil Amerika Utara karena “keadaan volatilitas lanskap mobilitas global.”

Perusahaan farmasi Finlandia Orion Corp melihat sahamnya naik 2,6% untuk memimpin Stoxx 600 dalam perdagangan sore, sementara Clariant naik 1,7% setelah perusahaan kimia Swiss menjual unit Masterbatches sebesar $ 1,6 miliar dan mengumumkan pembayaran yang direncanakan kepada pemegang saham.

Di ujung lain dari patokan Eropa, saham NMC Health tergelincir 12,7%, sementara Hugo Boss turun 2,4% setelah Deutsche Bank menurunkan peringkat saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street malam ini, juga perkembangan pemakzulan Trump dan Brexit. Pasar Eropa juga akan mencermati ECB General Council Meeting malam ini, yang jika memberikan sinyal penguatan ekonomi akan menguatkan bursa Eropa dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here