Ekonomi Q3 AS Tumbuh Naik Didukung Pasar Tenaga Kerja

583
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan ekonomi AS terangkat pada kuartal ketiga, demikian rilis pada hari Jumat (20/12), didukung oleh pasar tenaga kerja yang kuat.

Produk domestik bruto meningkat pada tingkat tahunan 2,1%, Departemen Perdagangan mengatakan dalam estimasi ketiga dari PDB kuartal ketiga. Itu tidak direvisi dari perkiraan bulan lalu. Ekonomi tumbuh pada kecepatan 2,0% pada periode April-Juni.

Meskipun pembacaan tidak direvisi, yang sejalan dengan ekspektasi ekonom, pengeluaran konsumen lebih kuat dari yang dilaporkan sebelumnya. Ada juga peningkatan belanja bisnis pada struktur non-perumahan seperti infrastruktur listrik, yang membatasi penurunan investasi bisnis secara keseluruhan. Itu mengimbangi revisi ke bawah untuk investasi dalam pembangunan kembali dan akumulasi inventaris. Impor, yang merupakan hambatan bagi pertumbuhan PDB, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Ketika diukur dari sisi pendapatan, ekonomi tumbuh pada tingkat 2,1% pada kuartal terakhir, daripada kecepatan 2,4% yang diperkirakan pada bulan November. Pendapatan domestik bruto (GDI) meningkat pada tingkat 0,9% pada kuartal kedua.

Laba setelah pajak tanpa penilaian inventaris dan penyesuaian konsumsi modal, yang sesuai dengan laba S&P 500, direvisi turun untuk menunjukkan mereka menurun $ 23,1 miliar, atau pada tingkat 1,2%. Keuntungan sebelumnya dilaporkan telah menurun $ 11,3 miliar, atau pada tingkat 0,6% pada kuartal ketiga.

Mereka sebagian ditahan oleh penyelesaian hukum dengan Facebook dan Google. Keuntungan meningkat pada tingkat 3,3% pada kuartal kedua.

Rata-rata PDB dan GDI, juga disebut sebagai output domestik bruto dan dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari kegiatan ekonomi, meningkat pada tingkat 2,1% pada periode Juli-September. Itu turun dari kecepatan 2,3% yang dilaporkan sebelumnya dan percepatan dari tingkat pertumbuhan 1,4% pada kuartal kedua.

Ekonomi tampaknya telah mempertahankan kecepatan pertumbuhannya yang moderat pada kuartal keempat, dengan tingkat pengangguran terendah dalam hampir setengah abad mendukung pengeluaran konsumen. Ketakutan resesi, yang mencengkeram pasar keuangan di musim panas, telah memudar.

Tiga pemotongan suku bunga Federal Reserve tahun ini mengangkat pasar perumahan. Bank sentral AS minggu lalu mempertahankan suku bunga stabil dan mengisyaratkan biaya pinjaman bisa tetap tidak berubah setidaknya sampai 2020.

Manufaktur tampak stabil karena ketegangan dalam perang dagang 17 bulan antara Amerika Serikat dan China mereda. Namun, perputaran di bidang manufaktur dapat ditunda setelah Boeing mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka akan menangguhkan produksi pesawat jet 737 MAX terlaris pada Januari karena kejatuhan dari dua kecelakaan fatal dari pesawat yang sekarang di darat itu menyeret ke tahun 2020.

Perkiraan pertumbuhan untuk kisaran kuartal keempat dari serendah tingkat 1,3% ke setinggi kecepatan 2,3%. Meskipun pertumbuhan relatif kuat, para ekonom tidak mengharapkan ekonomi untuk mencapai target 3,0% pemerintah Trump tahun ini.

Ekonomi tumbuh 2,6% di semester pertama. Pertumbuhan telah melambat dari tingkat 3,1% yang berlekuk dalam tiga bulan pertama tahun ini sebagian karena perang perdagangan AS-China dan karena stimulus dari paket pemotongan pajak $ 1,5 triliun tahun lalu memudar.

Pertumbuhan pengeluaran konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi A.S., dinaikkan ke tingkat 3,2% pada kuartal ketiga dari laju 2,9% yang dilaporkan sebelumnya. Persediaan naik pada laju $ 69,4 miliar, bukan tingkat $ 79,8 miliar yang dilaporkan bulan lalu.

Sebagai hasil dari bangunan yang lebih kecil, persediaan menjadi netral terhadap pertumbuhan PDB kuartal terakhir, bukannya menambahkan 0,17 poin persentase seperti yang dilaporkan sebelumnya. Defisit perdagangan meningkat pada tingkat $ 990,1 miliar daripada laju yang sebelumnya dilaporkan $ 988,3 miliar. Kesenjangan perdagangan yang lebih luas, yang mencerminkan impor yang lebih tinggi, mengurangi 0,14 poin persentase dari pertumbuhan PDB, daripada perkiraan poin persentase 0,11 bulan lalu.

Investasi bisnis turun pada tingkat 2,3% pada kuartal ketiga, daripada menyusut pada kecepatan 2,7% seperti yang dilaporkan sebelumnya. Pengeluaran untuk struktur non-perumahan seperti eksplorasi pertambangan, poros dan sumur menurun pada tingkat 9,9%, bukan kecepatan 12,0% yang dilaporkan sebelumnya.

Pertumbuhan dalam investasi residensial diturunkan ke tingkat 4,6% dari laju 5,1% yang diperkirakan bulan lalu. Pertumbuhan belanja pemerintah dinaikkan ke tingkat 1,7% dari kecepatan 1,6%.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here