Bursa Eropa Turun Tipis, Saham Luftansa Turun 1 Persen Dibayangi Ancaman Mogok Awak Kabin

343

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa turun tipis pada hari Senin setelah mendekati rekor tertinggi di sesi sebelumnya, karena investor mengunci beberapa kenaikan baru-baru ini dalam perdagangan tipis menjelang liburan Natal dan Boxing Day di akhir pekan ini.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa turun 0,1%, dimana sektor perbankan adalah sektor yang mengalami penurunan terbesar. Dimana HSBC Holdings Plc turun 1,1 persen.

Prospek membaik pada ekonomi global dan optimisme di sekitar Brexit yang lebih halus telah mengirim ekuitas Eropa ke tertinggi sepanjang masa pekan lalu, dengan indeks acuan mencatat kenaikan mingguan terbesar dalam dua bulan.

Investor memiliki lebih banyak alasan untuk bersorak menjelang akhir minggu ini, dengan parlemen Inggris menyetujui kesepakatan Brexit dari Perdana Menteri Boris Johnson dan Presiden AS Donald Trump mengatakan Washington dan Beijing akan menandatangani pakta perdagangan awal dalam waktu yang “sangat singkat”.

Tetapi dengan kesepakatan perdagangan yang kemungkinan tidak akan ditandatangani tahun ini, dan kesediaan Johnson untuk mengambil garis keras pada negosiasi Brexit di masa depan, analis mengatakan saham memiliki sedikit alasan untuk banyak bergerak dari level saat ini.

Saham Jerman yang sensitif terhadap perdagangan hampir bergerak datar. Setelah perdagangan berombak di awal tahun, indeks telah naik terus sejak September karena prospek di sekitar perang perdagangan China-AS.

Penurunan 4% untuk kelompok infrastruktur Italia Atlantia menekan indeks negara yang lebih luas.

Lufthansa turun 1% setelah serikat awak kabin Jerman UFO mengatakan pembicaraan arbitrase dengan perusahaan itu gagal dan anggotanya dapat melakukan pemogokan kapan saja mulai sekarang, kecuali 24, 25 dan 26 Desember.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here