EUR/USD Bertempur Di 1.12 Dengan Melemahnya USD Terus Mendominasi

460

(Vibiznews-Forex) Pada jam-jam mengakhiri tahun 2019, EUR/USD diperdagangkan disekitar 1.12 dengan “greenback” tetap berada pada posisi dibawah. Optimisme mengenai pertumbuhan ekonomi global dan perayaan penandatangan perdagangan AS-Cina yang akan datang membebani “greenback” yang “safe-haven”.

Pasangan matauang EUR/USD mencapai ketinggian bulan Desember yang baru di 1.1210 pada permulaan minggu yang baru dibantu oleh melemahnya dolar AS secara persisten. Agen-agen berita sedang melaporkan bahwa negosiator perdagangan Cina, Liu He akan memimpin delegasi perdagangan Cina ke Washington pada hari Sabtu yang akan datang, kemungkinan akan menandatangani persetujuan perdagangan fase pertama.

Dengan pasar sedang menuju ke liburan “old & new” pada pertengahan minggu, volume perdagangan tetap rendah, dan kalender makro ekonomi sangat jarang. Di Uni Eropa tidak ada rilis data makro ekonomi yang keluar, sementara di Amerika Inventori Grossir bulan Nopember keluar lebih baik daripada yang diperkirakan dan Neraca Perdagangan untuk bulan yang sama defisitnya turun ke $63.19 miliar.

Secara tehnikal, pasangan matauang EUR/USD bertahan pada keuntungan hariannya, meskipun sudah mencapai level “overbought” dan menunjukkan kelelahan untuk naik lagi. “Support” terdekat menunggu di 1.1150 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1120 dan kemudian1.1090. Sedangkan “resistance” terdekat berada pada 1.1220 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1260 dan kemudian 1.1300.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here