Pertumbuhan Manufaktur China Akhir Tahun Naik Sedikit

418

(Vibiznews – Economy & Business) Indeks Pembelian Manager resmi China untuk manufaktur datang sedikit di atas ekspektasi di 50,2 untuk bulan Desember, kata biro statistik negara itu pada hari Selasa (31/12).

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan PMI manufaktur resmi Desember datang pada 50,1.

PMI Manufaktur adalah 50,2 untuk bulan November, kata Biro Statistik Nasional China.

Pembacaan PMI di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara yang di bawah level tersebut kontraksi sinyal.

Biro Statistik Nasional mengatakan dalam sebuah laporan bahwa produksi meningkat pada bulan Desember, sementara permintaan juga meningkat.

Sektor makanan dan minuman, pakaian, obat-obatan, dan mobil adalah beberapa sektor yang mengalami ekspansi kuat dalam aktivitas manufaktur, tambah biro.

Pada bulan Desember, pesanan ekspor baru meningkat untuk pertama kalinya sejak Mei 2018, menurut catatan Reuters.

Data hari Selasa datang ketika AS dan China tetap terkunci dalam sengketa perdagangan yang telah lama membebani sentimen.

Pada 13 Desember, AS dan China mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan perdagangan fase satu termasuk beberapa pengurangan tarif, peningkatan pembelian pertanian dan perubahan struktural untuk masalah kekayaan intelektual dan teknologi.

Survei PMI resmi biasanya mensurvei sebagian besar bisnis besar dan perusahaan milik negara. Hasil survei PMI manufaktur swasta oleh Markit / Caixin – yang menampilkan campuran lebih besar dari perusahaan kecil dan menengah – akan dirilis pada hari Kamis.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here