Bursa Eropa Menguat; Kesepakatan Dagang AS-China Ditandatangani 15 Januari

653

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Kamis (02/01) setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa kesepakatan perdagangan fase satu dengan China akan ditandatangani pada 15 Januari.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1% pada sore hari, dengan bank naik 1,9% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan dengan kuat di wilayah positif.

Indeks FTSE bergerak naik 0,89%. Indeks DAX juga naik 0,87%. Demikian juga indeks CAC melonjak 1,28%.

Presiden Trump mengumumkan dalam sebuah tweet pada hari Selasa bahwa perjanjian parsial akan ditandatangani di Gedung Putih oleh negosiator senior China dalam waktu dua minggu, tetapi reaksi pasar terhambat oleh kurangnya kejelasan atas sepenuhnya perjanjian.

Dalam berita perusahaan, Airbus telah menjadi produsen pesawat terbesar di dunia untuk pertama kalinya sejak 2011, mengusir Boeing dari posisi teratas setelah mengalahkan perkiraan pada 863 pesawatnya pada 2019, Reuters melaporkan pada hari Rabu mengutip bandara dan sumber pelacakan. Saham Airbus naik 2,3% di awal sesi perdagangan.

Data PMI manufaktur zona euro (indeks manajer pembelian) yang diterbitkan Kamis pagi menunjukkan bahwa aktivitas pabrik berkontraksi untuk bulan ke 11 berturut-turut, berada di 46,3 pada bulan Desember.

PMI manufaktur Inggris direvisi hingga 47,5 untuk Desember tetapi tetap di bawah angka 48,9 November. Level 50 memisahkan kontraksi dari ekspansi.

Bank-bank Jerman memimpin momentum kenaikan pada hari Kamis dengan Commerzbank naik 5,9% sementara rekan senegaranya Deutsche Bank bertambah 5,4%.

Saham Tullow Oil turun 6,6% setelah perusahaan minyak Inggris mengumumkan hasil pengeboran di sumur Carapa-1.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdukung sentimen kesepakatan dagang fase satu yang rencananya ditandatangani tanggal 15 Januari mendatang.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here