Emas Memulai 2020 Dengan Bagus

271

(Vibiznews-Commodity) Harga emas naik sedikit pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Kamis kemarin, dengan emas menyentuh ketinggian baru selama tiga bulan. Dengan tahun baru sedang dimulai dan grafik tehnikal kelihatan paling positip selama berbulan-bulan, menarik lebih banyak pembeli berdasarkan tehnikal dari para spekulator di hari-hari dan minggu-minggu yang akan datang, termasuk para trader yang punya dana yang besar. Melemahnya dolar AS di pasar forex belakangan ini juga bekerja mendukung kenaikan pasar metal berharga.

Emas berjangka bulan Februari terakhir naik $4.60 per ons pada $1,527.60. Harga perak Comex bulan Maret terakhir naik $0.134 pada $18.055 per ons.

Sikap para trader dan investor tetap bagus, disebabkan sebagian besar karena melihat dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia mengalami pencairan hubungan yang besar dalam lebih dari dua tahun perang dagang yang telah mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi global. Kesepakatan perdagangan parsial direncanakan untukditandatangani pada tanggal 15 Januari.

Bank sentral Cina melonggarkan kebijakan moneternya pada hari Rabu dengan menurunkan rasio “reserve requirement”nya, yang akan menempatkan uang lebih banyak lagi ke dalam sistem keuangan Cina. Berita itu juga bekerja mendorong pasar saham dunia.

Gambaran di pasar selama musim liburan ini adalah banyak matauang mengalami “rally” yang signifkan terhadap dolar AS. Indeks dolar AS namun mengalami “rebound” pada hari kemarin dari kerendahan selama lima bulan pada awal minggu. Hal lain diluar pasar metal berharga adalah harga minyak mentah Nymex yang mendekati stabl dan diperdagangkan disekitar $61.00 per barel.

Saat ini emas diperdagangkan di sekitar $1,542. Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,550.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,534.00 dan $1,540.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,500,- setelah terlebih dulu, berhasil melewati $1,519.70 dan kemudian $ 1.513.50.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here