Harga Gula Naik Ke Tertinggi Satu Minggu, Dipicu Kenaikan Harga Minyak Mentah

520

(Vibiznews – Commodity) – Harga gula rally ke tertinggi satu minggu karena kenaikan minyak mentah ke tertinggi 8 bulan.

Harga gula Maret di ICE  New York naik 18 sen (1.37%) menjadi $13.31 dan harga gula putih Maret di ICE London naik 1.28%.

Harga gula rally pada hari Jumat karena meningkatnya harga minyak mentah akibat ketegangan di Timur Tengah, pembunuhan jenderal Iran oleh AS. Harga minyak mentah naik ke 8 bulan tertinggi pada hari Jumat.  Kenaikan harga minyak mentah akan meningkatkan harga etanol sehingga pabrik penggilingan tebu lebih memilih membuat etanol dibanding gula, sehingga produksi gula menurun.

Harga gula pada hari Kamis turun ke terendah empat minggu di New York dan di London harga gula turun ke terendah dua minggu karena peningkatan produksi gula India. India Sugar Mills Association melaporkan pada hari Kamis produksi gula di Oktober – Desember turun 30% dari tahun lalu menjadi 7.8 MMT merupakan perbaikan dari data bulan lalu produksi Oktober – November turun 54% dari tahun lalu menjadi 1.89 MMT.

Melemah real Brazil 0.68% pada hari Jumat  menjadi 1 minggu terendah terhadap dolar. Melemahnya real menyebabkan harga gula Brazil lebih murah bagi pembeli luar negeri dan akan meningkatkan ekspor.

Analisa tehnikal untuk gula support di $13.00 dan berikut $12.80 sedangkan resistan di $13.40 dan berikut ke $13.60.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here