Ekspor November Jerman Jatuh, Surplus Perdagangan Turun

627

(Vibiznews – Economy & Business) Surplus perdagangan Jerman bulan November menurun akibat penurunan tajam dalam ekspor.

Ekspor jatuh 2,3 persen melebihi impor yang turun 0,5 persen, mempersempit neraca perdagangan Jerman untuk periode tersebut menjadi surplus € 18,2 miliar, turun dari € 21,3 miliar pada Oktober, menurut Badan Statistik Federal pada Kamis (09/01).

Pabrikan yang bergantung pada ekspor Jerman menghadapi permintaan yang lamban dari luar negeri serta ketidakpastian bisnis terkait dengan perselisihan perdagangan dan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa. Sektor otomotif juga berjuang untuk menyesuaikan diri dengan regulasi emisi yang lebih ketat dan beralih ke kendaraan listrik.

Namun ketahanan ekonomi Jerman masih ada dengan kenaikan terbesar pada produksi industri dalam satu setengah tahun pada November.

Produksi industri melonjak 1,1% pada bulan itu, mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan 0,7%, angka dari kantor statistik menunjukkan, sebagian besar berkat pertumbuhan manufaktur dan konstruksi yang booming.

Pembacaan Oktober direvisi naik ke penurunan 1% dari penurunan 1,7% yang dilaporkan sebelumnya.

Data yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan bahwa pesanan industri turun secara tak terduga pada bulan November karena permintaan asing yang lemah dan kurangnya kontrak besar, menunjukkan bahwa penurunan manufaktur akan terus mengurangi pertumbuhan.

Badan riset ekonomi Ifo Institute bulan lalu mengatakan bahwa permintaan domestik kemungkinan telah membantu ekonomi tumbuh sebesar 0,2% pada kuartal keempat setelah ekspansi 0,1% dalam tiga bulan sebelumnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here