Kesepakatan Dagang Fase Satu AS-China Akankah Ditandatangani 15 Januari?

414

(Vibiznews – Economy & Business) Presiden A.S. Donald Trump, yang mengumumkan bulan lalu bahwa kesepakatan perdagangan Fase 1 dengan China akan ditandatangani pada 15 Januari, mengatakan pada hari Kamis bahwa perjanjian tersebut dapat ditandatangani “segera sesudahnya.”

Dalam sebuah wawancara dengan afiliasi TV ABC di Toledo, Ohio, Trump mengatakan: “Kami akan menandatangani pada 15 Januari – saya pikir itu akan menjadi 15 Januari, tetapi segera setelah itu, tapi saya pikir 15 Januari – kesepakatan besar dengan China.”

Trump mengumumkan tanggal penandatanganan 15 Januari dalam sebuah tweet pada 31 Desember.

Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan untuk klarifikasi komentar Trump.

Kesepakatan Fase 1, yang dicapai bulan lalu, diperkirakan akan menurunkan tarif dan mendorong China untuk pembelian pertanian, energi, dan barang-barang manufaktur dari AS sambil mengatasi beberapa perselisihan mengenai kekayaan intelektual.

Wakil Perdana Menteri China Liu He, kepala tim perunding negara itu dalam pembicaraan perdagangan China-A.S., akan menandatangani kesepakatan di Washington minggu depan, kata kementerian perdagangan China, Kamis.

Liu akan mengunjungi Washington mulai 13-15 Januari, kata Gao Feng, juru bicara kementerian perdagangan.

Negosiasi tim dari kedua belah pihak tetap dalam komunikasi yang erat tentang pengaturan khusus penandatanganan, Gao mengatakan kepada wartawan pada briefing reguler.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here