Harga Kedelai Turun Meningkatnya Panen Kedelai di Amerika Selatan

318

(Vibiznews – Commodity) – Harga kedelai pada penutupan hari Senin turun, karena meningkatnya produksi kedelai di Amerika Selatan, Argentina & Brazil

Harga kedelai Maret di CBOT turun 5.25 sen menjadi $9.4075 per bushel  Harga soymeal Maret  turun 70 sen menjadi $302.80 per ton, Harga minyak kedelai Maret turun 30 sen menjadi $34.05.

Dari Laporan ekspor mingguan pengiriman kedelai sebesar 1.136 MMT pada minggu yang berakhir 9 Januari. Meningkat 97,290 MT dari minggu lalu, walaupun USDA telah melakukan revisi karena data pengiriman lebih tinggi.  Ekspor kedelai sampai saat ini sebesar 843,487 mbu baru 47.52% dari perkiraan tahunan USDA pada hari Jumat untuk 4 bulan tahun penjualan.

Pedagang menantikan penandatanganan perjanjian dagang antara AS dan Cina pada tanggal 15 Januari, dan memperkirakan bahwa pembelian  kedelai  AS oleh Cina akan kembali normal seperti sebelum perang dagang AS dan Cina pada musim semi yang akan datang.

Namun hasil panen dari Amerika Selatan, Brazil dan Argentina akan meningkat  sehingga harga akan bergerak turun dan membuat AS  terpaksa menurunkan harga untuk bersaing.

Petani di AS tidak menjual dan menyimpan hasil panen kedelainya di gudang, karena selisih harga antara kedelai AS dan  negara –negara Gulf Mexico membuat harga kedelai AS tidak dapat bersaing.

Ekspor kedelai Brazil ternyata di atas perkiraan sebesar 77.9 juta ton di 2019. Perkiraan ekspor dari Conab di Desember sebesar 79 juta ton.

Analisa tehnikal untuk kedelai  dengan support pertama di $9.37 dan berikut ke $9.34 sedangkan resistant pertama di $9.50 dan berikut ke $9.54.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here