GBP/USD Bertempur Di 1.30 Ditengah Spekulasi Pemangkasan Bunga Oleh BOE

209

(Vibiznews-Forex) GBP/USD jatuh kembali ke 1.30 dengan dolar AS memperoleh kembali pijakannya. Spekulasi mengenai akan datangnya pemangkasan tingkat suku bunga oleh BOE membebani pounsterling. Sementara angka inflasi AS – Consumer Price Index (CPI) – keluar sesuai dengan yang diperkirakan 2.3%.

Kelihatannya pemangkasan tingkat suku bunga Inggris hanya tinggal masalah waktu – dengan meningkatnya kemungkinan akan terjadi segera pada tanggal 30 Januari – satu hari sebelum Brexit.

Poundsterling baru saja tergoncang karena angka GDP Inggris yang mengecewakan yang dipublikasikan pada hari Senin, yang menunjukkan ekonomi terkontraksi 0.3% pada bulan November. Data ini didahului oleh komentar yang “dovish” dari Gubernur Bank of England Mark Carney. Perkataannya mengenai “respon yang cepat” kemudian dilanjutkan dengan permintaan untuk pemangkasan tingkat bunga. RBS, salah satu bank terbesar di Inggris, telah meng-update outlooknya dan sekarang memperkirakan pemangkasan tingkat bunga Inggris sebesar 25 basis poin pada akhir bulan ini. Pasar obligasi malah lebih berhati-hati dengan memprediksi kemungkinan 50% pemangkasan dibulan Mei.

Penurunan ekonomi belakangan ini terjadi sehubungan dengan ketidakpastian Brexit. Sementara Inggris secara formal akan keluar pada tanggal 31 Januari, Inggris tetap terikat di blok Uni Eropa sampai akhir tahun, dan PM Johnson telah menegaskan sikapnya bahwa Inggris tidak akan meminta perpanjangan. Sementara Brusel sebelumnya telah menyatakan keragu-raguannya.

Pasar pada hari ini sedang fokus kepada kesepakatan perdagangan parsial antara AS dengan Cina yang diskedulkan untuk ditandatangani pada hari ini di Washington D.C. Kesepakatan perdagangan ini diperkirakan akan mendorong pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2020 ini. Amerika Serikat pada hari Senin mengumumkan Cina tidak lagi berada di dalam daftar dari manipulator matauang. Hal yang sangat diterima dengan baik oleh para investor.

GBP/USD telah jatuh dibawah dari garis “support uptrend” jangka panjang yang terbentuk pad bulan November tahun lalu. Gambaran tehnikal masih “bearish”. “Support” terdekat menunggu di 1.2950 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2900 dan kemudian 1.2875. Sedangkan “resistance” terdekat menunggu di 1.3045 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3080 dan kemudian 1.3147.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here