Pertumbuhan Ekonomi Jerman 2019 Terlemah Dalam 6 Tahun

234

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan Ekonomi Jerman setahun penuh tahun 2019 berada pada 0,6%, demikian menurut Destatis, kantor statistik federal negara itu Rabu (15/01), menandai penurunan tajam dalam pertumbuhan dan ekspansi terlemah sejak 2013.

Ekspansi produk domestik bruto (PDB) ini sejalan dengan perkiraan para ekonom yang disurvei oleh Reuters. Angka produk domestik bruto (PDB) 2019 setahun penuh menunjukkan perlambatan dari pertumbuhan 1,5% yang tercatat pada 2018 dan ekspansi 2,2% yang terlihat dalam ekonomi Jerman pada 2017.

“Ekonomi Jerman telah tumbuh selama sepuluh tahun berturut-turut. Ini telah menjadi periode pertumbuhan terpanjang di Jerman bersatu. Namun, pertumbuhan kehilangan momentum pada 2019, ”kata Destatis. “Pertumbuhan pada tahun 2019 terutama didukung oleh pengeluaran konsumsi,” katanya. “Ekspor Jerman terus meningkat rata-rata tahunan pada 2019, meskipun pada kecepatan yang lebih lambat dari tahun-tahun sebelumnya.”

Destatis mengatakan kinerja ekonomi naik di sektor jasa, tetapi sangat menurun di industri. Penurunan pertumbuhan ekonomi adalah bagian dari tren yang terlihat di negara itu dalam beberapa tahun terakhir dan telah diperburuk oleh ketegangan perdagangan global yang telah memukul ekspor barang, yang menjadi sandaran dari kekuatan ekonominya. Industri mobil domestiknya juga berada di bawah tekanan karena penjualan mobil yang melambat dan transisi ke pembuatan kendaraan hijau.

Tahun 2019 adalah tahun yang sangat menantang  bagi ekonomi terbesar Eropa yang secara tradisional dipandang sebagai kekuatan pendorong di belakang pertumbuhan zona euro.

Jerman hampir saja masuk resesi,  dimana dua kuartal berturut-turut pertumbuhannya berkontraksi, dan angka PDB terakhir yang dirilis pada bulan November menunjukkan pertumbuhan yang sangat kecil sebesar 0,1% pada kuartal ketiga, naik dari kontraksi 0,2% pada kuartal sebelumnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here