Rupiah Rabu Pagi Terjun Dari Posisi Tertinggi Hampir 2 Tahun

111

(Vibiznews – Economy) – Dalam pergerakan pasar uang Rabu pagi ini (15/01), nilai tukar rupiah terhadap dollar terpantau menurun dan berada di bawah posisi di sekitar level 23 bulan tertingginya, sementara dollar AS di pasar Asia retreat dari penguatan moderat sebelumnya. Rupiah terhadap dollar AS pagi ini melemah 0,18% ke level Rp 13.690 dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 13.665.

Analis Vibiz Research Center melihat untuk hari ini perdagangan rupiah vs dollar dibuka melemah ke Rp 13.670 dan terus bearish. Melemahnya rupiah terjadi akibat profit taking di tengah menguatnya perdagangan mata uang safe haven seperti yen dan melemahkan dolar AS.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, pagi hari WIB ini turun 0,02% ke level 97,35, dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 97,37.

Sementara itu, IHSG Selasa di sesi pertama, terpantau retreat 0,24% atau 8 poin ke level 6.310,37, demikian  bursa saham kawasan Asia umumnya melemah dalam kekhawatiran detail kesepakatan dagang phase one AS – China yang tidak jelas.

Analis Vibiz Research Center melihat dollar AS terhadap rupiah hari ini lanjut menguat, dengan kuatnya mata uang safe haven di Asia. Rupiah terhadap dollar seminggu ini terlihat akan berada dalam rentang antara Rp 13.570 – Rp 13.870.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here