EUR/USD Jatuh Ke Bawah 1.11 Ditengah Menguatnya USD

231

(Vibiznews-Forex) EUR/USD meneruskan kejatuhannya dan menyentuh kerendahan baru dalam tiga minggu di bawah 1.11, level terendah sejak akhir bulan Desember tahun lalu. Dolar AS terus menikmati keuntungan karena angka data ekonomi AS yang bagus pada minggu lalu. Pasar Amerika Serikat ditutup pada hari Senin kemarin.

Pasangan EUR/USD mencapai kerendahan baru pada bulan Januari di 1.1080, diperdagangkan beberapa pips diatas level ini. Dolar AS tetap kuat menghadapi kebanyakan rival utamanya dengan data-data ekonomi AS yang terbaru menunjukkan kemajuan ekonomi di negara tersebut.

Jerman merilis Producer Price Index bulan Desember, yang naik 0.1% MoM, sesuai dengan ekspektasi pasar, sementara angka tahunan muncul di -0.2%, lebih baik daripada yang diperkirakan -0.6%. Pasar Amerika Serikat sedang menikmati liburan karena perayaan dari Martin Luther King.

Secara tehnikal, pasangan matauang ini meneruskan penurunannya dibawah garis tren penurunan harian. Gambaran jangka pendek menunjukkan pasangan matauang ini masih bisa meneruskan penurunannya, meskipun dari indikator tehnikal, sudah mencapai level “oversold”. “Support” yang kritikal berada pada 1.1065 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1020 dan kemudian 1.0980. Sedangkan “resistance” terdekat berada pada 1.1110 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1145 dan kemudian 1.1180.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here