EUR/USD Stabil Disekitar 1.1090

157

(Vibiznews-Forex) Pasangan matauang EUR/USD kembali ke angka semula dibawah 1.1100 sampai akhir hari perdagangan dengan “risk-off” di offset dengan bagusnya data survey ZEW Jerman.

Penurunan pasangan matauang EUR/USD kebawah level 1.11 karena menguatnya dolar AS, mendapatkan “support” dari angka survey ZEW Jerman bulan Januari yang muncul lebih bagus daripada yang diperkirakan. Sentimen ekonomi di Jerman membaik menjadi 26.7, jauh lebih baik daripada yang diperkirakan sebesar 15. Untuk Uni Eropa, survey menunjukkan bahwa sentimen membaik menjadi 25.6 jauh mengatasi yang diperkirakan sebesar 5.5. Pasangan matauang EUR/USD mencapai puncaknya pada 1.1117 menjelang pembukaan perdagangan sesi Amerika Serikat, sebelum akhirnya mengalami koreksi normal kembali kebawah level 1.11.

Kemarin kalender makro ekonomi AS tidak memberikan data yang relevan bagi pergerakan “greenback”. Hari ini negara ini akan merilis beberapa laporan minor yang memberikan sedikit kesempatan untuk menggerakkan pasar. Amerika Serikat akan mempublikasikan Chicago Fed National Activity Index, yang diperkirakan akan keluar di -0.2 pada bulan Januari, dan Existing Home Sales diperkirakan naik 1.2% pada bulan Desember.

Secara tehnikal, pasangan matauang ini masih dalam tren “bearish” dengan “support” terdekat berada pada 1.1065 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0980. Sedangkan “resistance” terdekat berada pada 1.1140 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1180 dan kemudian 1.1220.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here