GBP/USD: Semua Mata Tertuju Kepada BoE Sementara Pergerakan “Bullish” Mulai Mandek

427

(Vibiznews-Forex) GBP/USD sedang berjuang menghadapi koreksi dan bertemu dengan “supppy” pada pertengahan dari 1.3150 dengan kecenderungan “bearish” memasuki grafik tehnikal. Pada saat ini, GBP/USD diperdagangkan di sekitar 1.3121 setelah bergerak dari ketinggian 1.3151 ke kerendahan 1.3096.

Pasar sedang bersiap-siap untuk melihat apakah rencana Bank of England menghadapi tanggal 30 Januari dimana Inggris akan keluar dari Uni Eropa. Sementara perkiraan pasar bahwa pada bulan Januari akan terjadi pemangkasan tingkat suku bunga, dengan cepat meningkat, hal yang sesungguhnya akan terjadi masih belum jelas samasekali.

Hari Jumat ini, kita akan mendapatkan data PMI Manufaktur dan Jasa Inggris. Apabila hasilnya “rebound”, jelas Bank of England akan menunda pemangkasan tingkat bunga. Pemangkasan tingkat suku bunga segera sesudah terjadinya “rebound” di angka komposit PMI akan dipandang aneh.

Secara keseluruhan, bahkan sekiranya Bank of England memangkas tingkat suku bunganya pada tanggal 30 Januari, hal ini tidak berarti Inggris akan segera berada pada siklus pelonggaran yang baru dari Bank of England dan karenanya, setiap penurunan dari “cable” bisa hanya sementara saja. Namun, sekali lagi, semuanya akan sangat tergantung kepada bagaimana negosiasi perdagangan Brexit berlangsung antara Uni Eropa dan Inggris.

Secara tehnikal, “support” terdekat menunggu di 1.3062 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2989 dan kemudian 1.2943. Sedangkan “resistance” terdekat menunggu di 1.3181 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3227 dan kemudian 1.3300.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here