Harga Kopi Arabika Dilemahkan Wabah Virus Corona dan Real Brazil

378

(Vibiznews – Commodity) Harga kopi arabika pada hari Senin ditutup pada level terendah 2-1 / 4 bulan karena pelemahan dalam real Brasil. Harga kopi juga dirugikan oleh penyebaran coronavirus Cina, yang telah merusak harga komoditas secara umum. Virus corona juga telah menyebabkan kekhawatiran tentang permintaan kopi karena konsumen membatasi perjalanan mereka ke tempat-tempat umum dan telah menyebabkan beberapa toko kopi di China tutup.

Kopi Arabika berada di bawah tekanan Senin dari kelemahan di real Brasil yang turun -0,60% terhadap dolar ke level terendah 1-3 / 4 bulan terhadap dolar. Pelamahan Real Brasil mendorong penjualan ekspor oleh produsen kopi Brasil dan bearish untuk harga gula.

Faktor bearish lain untuk kopi arabika adalah curah hujan di atas normal di Brasil setelah Somar Meteorologia pada hari Senin mengatakan bahwa curah hujan di Minas Gerais, wilayah penanaman kopi arabika terbesar di Brasil, diukur 61,7 mm dalam seminggu terakhir, atau 112% dari rata-rata historis. Curah hujan di atas rata-rata dapat meningkatkan hasil kopi arabika di Brasil, produsen kopi arabika terbesar di dunia.

Pasokan kopi saat ini cukup banyak setelah data 15 Januari dari Cecafe, dewan ekspor kopi Brasil, menunjukkan bahwa ekspor kopi hijau 2019 tahun penuh Brasil naik + 14,8% y / y ke rekor 36,6 juta kantong, meskipun ekspor pada Desember turun -25,9% y / y hingga 2,690 juta kantong.

Persediaan kopi Arabika telah pulih baru-baru ini karena persediaan kopi arabika yang dipantau oleh ICE naik ke level tertinggi 2-1 / 4 bulan pada Senin sebesar 2,16 juta kantong. Persediaan kopi arabika yang dipantau oleh ICE merosot ke level terendah 1-1 / 2 tahun dari 2,022 juta kantong pada 16 Desember.

Pada malam ini terpantau harga kopi arabica untuk kontrak Maret 2020 di bursa ICE merosot 0,52% pada $ 106.05.

Malam ini juga terpantau mata uang Real Brazil mengalami pelemahan, turun tipis 0,06% pada 4.209.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga kopi arabica akan lanjutkan pelemahan akibat kekhawatiran penyebaran virus corona yang memperlemah permintaan kopi dan pelemahan Real Brazil. Harga kopi arabica diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 104.71-$ 102.75. Namun jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 106.53-$ 107.83.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here