Harga Kakao Ditutup Naik; Penurunan Distribusi Pantai Gading Beri Dukungan

756

(Vibiznews – Commodity) Harga kakao kontrak berjangka Maret 2020 di bursa ICE New York ditutup lebih tinggi pada Rabu kemarin, setelah pengiriman kakao Pantai Gading ke pelabuhan selama 20-26 Januari, turun -8.6% y / y.

Harga kakao berada di bawah tekanan Rabu pagi karena kakao NY jatuh ke level terendah 2 minggu setelah indeks dolar naik ke tertinggi 1-3 / 4 bulan, yang merupakan bearish untuk harga komoditas.

Faktor negatif lain untuk harga kakao adalah peningkatan produksi kakao di Ghana setelah Dewan Kakao Ghana pada hari Senin melaporkan bahwa mereka membeli 569.781 MT kakao dari petani selama 1 Oktober – 16 Januari, naik + 8.1% y / y. Juga, Asosiasi Kakao Internasional (ICCO) Jumat lalu melaporkan bahwa stok akhir kakao global 2018/19 naik + 1,4% y / y menjadi 1,538 MMT.

Peningkatan curah hujan di Afrika Barat adalah bearish untuk harga kakao karena dapat meningkatkan hasil Pantai Gading dan Ghana.

Harga kakao telah cenderung lebih tinggi selama sebulan terakhir dan kakao NY membukukan tertinggi 20-1 / 2 bulan Rabu lalu dan kakao London membukukan tertinggi 1-3 / 4 bulan di tengah tanda-tanda kekuatan permintaan kakao Asia.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga kakao berpotensi naik seiring penurunan pengiriman produksi Pantai Gading. Namun penguatan dolar AS dan kekhawatiran wabah virus Corona akan membatasi kenaikan. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 2,798-$ 2,829. Namun jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 2,740-$ 2,730.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here