Harga Batubara Merangkak Naik Yang Dibatasi Pergerakan Harga Minyak

282

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara yang diperdagangkan di bursa komoditas internasional New York alami kenaikan yang cukup signifikan oleh posisi harga minyak mentah dunia yang sempat mencapai posisi tertinggi sepekan. Harga minyak perdagangan sesi Amerika semalam sempat bullish namun terkoreksi oleh berita penambahan korban virus Corona.

Sentimen positif yang juga mendorong kenaikan harga batubara oleh berita telah beroperasinya kembali manufaktur dan tambang di China yang diliburkan sejak sejak libur tahun baru Imlek di negeri tersebut.

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan April 2020 yang berakhir pagi tadi Jumat (14/02/2020) berada di posisi 70,70 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,48 dollar atau 0,68% dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Sebagai informasi harga batubara FOB Indonesia untuk kontrak bulan Maret 2020 ditutup pada posisi 35,50 dolar per ton. Dan untuk harga HBA bulan Februari berada di posisi US$66,89 per ton, yang lebih tinggi dari HBA bulan Januari.

Analyst Vibiz Research Center melihat harga batu batubara secara teknikal saat ini berpotensi bearish terbatas. Laporan bertambahnya korban virus Corona mengkhawatirkan para pelaku pasar.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here