Pan-European Stoxx 600 Turun Dipimpin Saham Teknologi

148

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa jatuh pada Selasa pagi menyusul pergerakan dari saham-saham utama di Asia, karena panduan pendapatan Apple memperingatkan saham pemasok elektronik dan ketakutan akan virus coronavirus tetap ada.

Pan-European Stoxx 600 turun 0,8% di awal perdagangan, dengan saham teknologi turun 1,6% yang memimpin kerugian karena semua sektor berada di negatif.

Raksasa teknologi Apple pada hari Senin memperingatkan bahwa mereka tidak mengharapkan untuk memenuhi perkiraan pendapatan kuartal kedua karena pasokan iPhone global yang lebih rendah serta melemahnya permintaan dan produksi China sebagai akibat dari wabah coronavirus.

Pemasok Apple memimpin aksi jual di Asia semalam, dengan saham di Hong Kong, Jepang dan Korea Selatan semuanya anjlok lebih dari 1,3%. Wall Street juga mundur dari rekor tertinggi.

HSBC melaporkan pada hari Selasa bahwa pihaknya telah melaporkan laba sebelum pajak untuk tahun 2019 yang mengalami penurunan sebesar 32,9 persen. Bank dengan aset terbesar di Eropa ini melaporkan laba sebelum pajak setahun penuh sebesar $ 13,35 miliar, jauh dibawah perkiraan Refinitiv yaitu sebesar $ 19,83 miliar. Bank ini juga telah mengumumkan perombakan besar yang akan menghasilkan 35.000 PHK selama tiga tahun ke depan.

Para menteri keuangan zona euro bertemu Senin untuk membahas opsi kebijakan fiskal dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi yang lesu di blok itu, dengan kekhawatiran akan penurunan yang terjadi setelah wabah koronavirus.

Perusahaan kereta api Prancis Alstom telah setuju untuk mengakuisisi divisi kereta api Bombardier Kanada dalam kesepakatan senilai hingga $ 6,7 miliar, sementara bank Italia Intesa Sanpaolo pada hari Senin meluncurkan tawaran pengambilalihan 4,86 ​​miliar euro ($ 5,3 miliar) untuk saingan domestiknya yaitu Ubi Banca.

Deutsche Boerse membukukan kenaikan 52% dalam laba bersih kuartal keempat karena operator bursa Jerman memenuhi ekspektasi pendapatannya untuk tahun ini.

Laporan angka ketenagakerjaan dan produktivitas tenaga kerja AS diharapkan akan dirilis pada pukul 9:30 pagi waktu London sebelum indeks sentimen ekonomi ZEW untuk Jerman dan zona euro yang akan diterbitkan pada pukul 10 pagi.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here