Pertumbuhan Ekonomi Jerman Tahun 2019 Merosot

222

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan ekonomi Jerman mandek pada kuartal keempat tahun 2019 karena ekspor dari ekonomi terbesar Eropa ini turun.

PDB mencatatkan pertumbuhan nol dalam tiga bulan hingga akhir Desember, kata kantor statistik nasional Destatis. Hasilnya sejalan dengan perkiraan sebelumnya dan perkiraan rata-rata ekonom. Destatis mengonfirmasi pertumbuhan tahunan sebesar 0,6% untuk tahun 2020.

Ekspor turun 0,2% dari kuartal ketiga karena peningkatan 0,4% dalam ekspor jasa dihapuskan oleh penurunan barang dan jasa. Ekonomi Jerman yang berfokus pada ekspor telah berjuang karena ketegangan perdagangan, memperlambat pertumbuhan ekonomi dan saat ini coronavirus telah mempengaruhi pertumbuhan global.

Mencerminkan perlambatan dalam produksi, investasi dalam mesin dan peralatan turun 2% pada kuartal keempat, menurun dari penurunan 1,4% dalam tiga bulan sebelumnya. Pengeluaran konsumen datar, turun dari kenaikan 0,5% pada kuartal ketiga.

Pertumbuhan ekonomi tahunan Jerman dikonfirmasi pada 0,4 persen yang disesuaikan dengan kalender pada kuartal keempat 2019, turun dari 0,6 persen pada periode tiga bulan sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here