Rekomendasi Pergerakan Harga Minyak 2 Maret 2020

265

(Vibiznews-Commodity) Harga minyak WTI pada jam perdagangan sesi Asia Senin pagi, diperdagangkan disekitar $46.24, pulih kembali dari penurunan lebih dari 2% sebelumnya dimana harga minyak WTI ini sempat jatuh ke level kerendahan baru di $44.70 pada hari Jumat minggu lalu ditengah konsensus pasar akan menciutnya  permintaan minyak global. Namun, ekspektasi bahwa para produsen minyak global akan tetap pada jalurnya untuk memangkas produksi lebih jauh kelihatannya telah memicu kebangkitan dari emas hitam pada pagi hari ini.

Meningkatnya keprihatinan atas Covid-19 Cina dan dampak potensialnya atas ekonomi dan atas permintaan untuk minyak, tetap membuat sentimen para trader tertekan.

Sebagai tambahan, harga minyak tetap cukup skeptis setelah berita yang mengatakan bahwa OPEC+ bisa mengumumkan pemangkasan produksi pemangkasan minyak yang lebih dalam pada pertemuan di Vienna tanggal 5-6 Maret, semua dalam rangka merespon penghitungan ulang harga ditengah ketakutan akan virus corona. Kartel ini akan mendorong dengan keras perpanjangan pemangkasan “supply”1,7 juta barel per hari sekarang yang akan selesai pada akhir bulan Maret ini.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin belakangan ini mendukung OPEC untuk memperpanjang pemangkasan “supply” global. Perdana Menteri Rusia pada hari Minggu mengatakan bahwa harga minyak sekarang masih dapat diterima oleh Rusi dan dia mendukung dilanjutkannya  kooperasi yang dipimpin oleh OPEC+ untuk menjamin stabilitas pasar dan memerangi dampak negatif dari wabah virus corona tehadap ekonomi global.

Sementara harga referensi Amerika untuk minyak mentah turun lebih dari 30% sejak ketinggian tahunan dekat $66.00 per barel (pada 8 Januari) ke kerendahan tahunan sekitar $44.70.

Selanjutnya, pengebor minyak Baker Hughes akan mempublikasikan laporan mingguan atas penghitungan pengeboran minyak AS, pada akhir minggu.

“Support” terdekat menunggu di $45.09 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $44.68 dan kemudian $43.81. Sedangkan “resistance” terdekat menunggu di $46.97 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $48.62 dan kemudian $50.13.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here