Bursa Eropa Positif Merespon Harapan Stimulus Bank Sentral Global

479

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Selasa (03/03) dengan harapan bank sentral global akan memperkenalkan langkah-langkah kebijakan moneter untuk mengurangi dampak ekonomi dari virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa melonjak 2,8%, dengan sumber daya dasar naik 3,4% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Indeks FTSE Inggris bergerak naik 2,29%. Indeks DAX Jerman melonjak 2,93%. Indeks CAC Perancis naik 2,53%.

Pasar global telah pulih kembali dengan harapan bahwa bank sentral akan mengoordinasikan respons kebijakan moneter untuk mengurangi dampak ekonomi dari coronavirus. Para menteri keuangan global dan gubernur bank sentral akan mengadakan konferensi pada hari Selasa untuk mengoordinasikan tanggapan mereka terhadap wabah tersebut.

Panggilan teleconference akan dipimpin oleh Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Selasa pukul 7 pagi ET, demikian rilis dari CNBC. Perwakilan dari Kelompok Tujuh (G-7) negara-negara industri akan menghadiri konferensi tersebut.

G-7 diperkirakan akan mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa atau Rabu, lapor Reuters.

Saham Qiagen melonjak 19% setelah mengumumkan bahwa Thermo Fisher Scientific meluncurkan tawaran $ 12 miliar untuk perusahaan pengujian genetik Jerman.

Pemasok generator Inggris Aggreko melonjak 7,1% di awal perdagangan setelah membukukan hasil setahun penuh yang menjanjikan, sementara Lufthansa memimpin upaya pemulihan untuk saham maskapai penerbangan yang naik menjadi 7,6%.

Sangat sedikit saham di benchmark Eropa yang memulai sesi Selasa di zona merah, dengan Hiscox terendah turun 3,3% setelah lonjakan pada hari Senin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan harapan hasil pembicaraan kelompok G7, akan memberikan dukungan ekonomi mengatasi dampak wabah virus corona.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here