Bursa Eropa Bergerak Negatif Mengabaikan Bantuan IMF

443

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak negatif pada hari Kamis (05/03) meskipun pasar awalnya bereaksi dengan baik terhadap janji $ 50 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mengatasi wabah coronavirus.

Indeks Stoxx 600 Eropa tiba-tiba berbalik arah selama perdagangan pagi dan turun 1,5% pada sore hari setelah jatuh serendah 2,8%. Sumber daya dasar memimpin karena semua sektor dan bursa utama merosot ke merah.

Indeks FTSE melemah 1,72%. Indeks DAX merosot 1,65%. Indeks CAC menurun 1,84%.

Pasar global didorong oleh bursa saham AS dengan Dow Jones melonjak lebih dari 1.100 poin semalam.

Pasar juga telah didukung oleh pengumuman IMF tentang paket bantuan $ 50 miliar pada hari Rabu untuk memerangi dampak virus corona. Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan bahwa uang itu tersedia “segera” untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan pasar berkembang, demikian rilis CNBC.

Langkah IMF datang setelah serangkaian penurunan suku bunga dari bank sentral minggu ini, termasuk Federal Reserve AS dan Reserve Bank of Australia.

Perhatian di Eropa masih terfokus pada Italia, negara yang paling terpukul akibat wabah di luar Asia, bersama Iran.

Data terakhir dari Italia Rabu malam menyebutkan jumlah kasus yang dikonfirmasi sebanyak 2.706 dan 109 kematian; sebagian besar kasus (1.479) berada di Lombardy di mana pusat keuangan Italia Milan berada. Pemerintah Italia memutuskan hari Rabu untuk menutup semua sekolah dan universitas di seluruh negara hingga pertengahan Maret.

Sementara itu, OPEC telah setuju untuk menerapkan pemotongan besar-besaran pada pasokan minyak untuk mengimbangi dampak virus, sambil menunggu persetujuan Rusia.

Saham Hellofresh melonjak 6% ke atas Stoxx 600, sebelum memangkas keuntungan, setelah JPMorgan meningkatkan saham perusahaan makanan Jerman ini.

Saham Hugo Boss naik 0,4% selama perdagangan sore, setelah naik 4% pada awal perdagangan setelah perusahaan melaporkan penurunan laba tahunan untuk 2019, tetapi mengangkat dividen dan menawarkan bimbingan 2020 yang optimis.

Merck Kgaa naik lebih dari 4% di awal perdagangan setelah laporan pendapatan setahun penuhnya.

Capita anjlok 29,3% hingga mencapai level terendah dua tahun setelah hasilnya sementara Cineworld jatuh 20,2%, Evraz turun 13,3%, dan baik Continental maupun ITV turun sekitar 11%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak negatif terpicu aksi profit taking dan kekhawatiran coronavirus yang menyebar di Italia.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here