Ekspor Januari Jerman Datar; Surplus Perdagangan Menurun

747

(Vibiznews – Economy & Business) Ekspor Jerman tetap tidak berubah pada Januari, demikian rilis dari kantor statistik Jerman pada Senin (09/03).

Ekspor Jerman tetap datar di Januari dari Desember dalam hal penyesuaian dan impor naik 0,5% sebulan, kantor statistik mengatakan.

Ekonom telah memperkirakan kenaikan 0,6% dalam ekspor dalam hal yang disesuaikan, menurut sebuah jajak pendapat dari The Wall Street Journal.

Data ekspor mengikuti data positif dari sektor industri, dengan rebound kuat dalam produksi industri dan pesanan manufaktur.

Surplus perdagangan Jerman – keseimbangan ekspor dan impor barang – berjumlah 18,5 miliar euro ($ 20,7 miliar) dalam kalender dan ketentuan yang disesuaikan secara musiman pada Januari, menurut Destatis. Ini di atas perkiraan The Wall Street Journal EUR18.0 miliar. Namun angka ini turun dari sebelumnya sebesar 19,0 miliar euro.

Ekspor mencapai EUR106,5 miliar, sementara impor berjumlah EUR92,7 miliar, keduanya dalam hal penyesuaian. Dari ekspor, EUR63.9 miliar pergi ke negara-negara anggota Uni Eropa dan EUR42.6 miliar ke negara ketiga, kata Destatis.

Menurut hasil sementara dari Deutsche Bundesbank, neraca transaksi berjalan menunjukkan surplus EUR16,6 miliar, yang memperhitungkan neraca perdagangan barang termasuk barang dagangan tambahan, jasa, pendapatan primer dan pendapatan sekunder. Ini di bawah perkiraan The Wall Street Journal sebesar EUR20,8 miliar.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here