Bursa Eropa Merosot Mengabaikan Bantuan Dana Mengatasi Pandemi Corona

380

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa merosot pada Rabu (18/03) meskipun beberapa negara Eropa berjanji untuk mengeluarkan miliaran dolar untuk membantu bisnis dan warga negara mengatasi pandemi coronavirus.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 4,5%, dengan saham jasa keuangan anjlok 6,6% untuk memimpin kerugian karena semua sektor dan bursa utama meluncur ke wilayah negatif.

Indeks FTSE merosot 4,87%. Indeks DAX jatuh 5,23%. Indeks CAC melemah 5,29%.

Pasar global bereaksi terhadap janji multi-miliar dolar dari berbagai pemerintah untuk membantu perekonomian selama wabah coronavirus.

Di tempat lain pada hari Selasa, Inggris mengumumkan paket hampir $ 400 miliar untuk membantu bisnis melalui krisis. Pemerintah mengatakan akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk melindungi ekonomi dan mata pencaharian.

SSP Group, Wood Group, Meggitt dan IWG semuanya turun lebih dari 20% selama jam-jam awal perdagangan.

Pabrikan pesawat Airbus turun 16,4% setelah Reuters melaporkan bahwa AS akan menaikkan tarif pesawatnya sebesar 50% pada hari Rabu.

Di puncak bursa Eropa, saham operator bioskop Cineworld melonjak 44%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi melemah seiring masih berlangsungnya lockdown di beberapa negara eropa menghadapi pandemi covid-19 ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here