Merespon WFH di Eropa, Facebook dan Instagram Turunkan Kualitas Video Streaming

800

(Vibiznews – Technology) Mengikuti langkah serupa dari YouTube, Netflix dan Amazon, Facebook serta Instagram mengurangi kualitas streaming video di benua Eropa untuk menghindari kemacetan internet, dengan lebih banyak orang bekerja dan tinggal di rumah akibat pandemi coronavirus.

Facebook menyatakan akan sementara menurunkan bit rate, yang mengukur berapa banyak data yang ditransfer.

“Untuk membantu mengurangi kemacetan jaringan potensial selama krisis # COVID19, kami sementara akan mengurangi laju bit untuk video di Facebook dan Instagram di Eropa,” demikian juru bicara perusahaan tersebut melakukan tweet Minggu malam.

Thierry Breton, seorang pejabat industri UE, telah meminta platform media untuk mengalihkan video streaming mereka ke definisi standar untuk membantu mengatasi peningkatan dalam penggunaan internet karena lebih banyak orang yang bekerja dari jarak jauh karena penyebaran COVID-19.

Masyarakat di berbagai negara Eropa diminta untuk tinggal di rumah dan mematuhi langkah-langkah menjaga jarak sosial, dengan beberapa negara melakukan “lockdown”, untuk mengekang penyebaran coronavirus.

Disney juga telah berkomitmen untuk mengurangi kemacetan internet di Eropa dengan menurunkan pemanfaatan bandwidth untuk layanan streaming yang akan segera diluncurkan, yaitu Disney +, setidaknya 25%.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here