The Fed Luncurkan Program Stimulus Baru Menghadapi Pandemi Coronavirus

653

(Vibiznews – Economy & Business) Federal Reserve pada hari Senin (23/03) menyatakan akan meluncurkan deretan program yang bertujuan membantu pasar berfungsi lebih efisien menghadapi krisis coronavirus.

Di antara inisiatif yang akan dilakukan adalah komitmen untuk melanjutkan program pembelian aset dalam jumlah yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran fungsi pasar dan transmisi kebijakan moneter yang efektif untuk memperkuat kondisi keuangan dan ekonomi.

Juga akan ada program senilai $ 300 miliar yang mendukung aliran kredit kepada pengusaha dan konsumen bisnis dan dua fasilitas yang didirikan untuk memberikan kredit kepada pengusaha besar.

The Fed juga mengatakan akan membeli sekuritas yang didukung hipotek komersial sebagai bagian dari ekspansi pembelian asetnya, yang dikenal di pasar sebagai pelonggaran kuantitatif.

Langkah-langkah tambahan termasuk penerbitan sekuritas yang dijamin aset yang mendukung pinjaman pelajar, pinjaman mobil, pinjaman kartu kredit, pinjaman yang dijamin oleh Administrasi Bisnis Kecil dan aset tertentu lainnya.

The Fed mengatakan akan memperluas fasilitas pasar uangnya yang diumumkan minggu lalu untuk memasukkan sekuritas yang lebih luas yang akan diterima.

“Pandemi virus corona menyebabkan kesulitan besar di seluruh Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Prioritas utama bangsa kita adalah merawat mereka yang menderita dan membatasi penyebaran virus lebih lanjut, “kata The Fed dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir CNBC. “Sementara ketidakpastian masih ada, menjadi jelas bahwa ekonomi kita akan menghadapi gangguan parah. Upaya agresif harus dilakukan lintas sektor publik dan swasta untuk membatasi kerugian pada pekerjaan dan pendapatan dan untuk meningkatkan pemulihan lebih cepat setelah gangguan mereda. “

Pengumuman hari Senin merupakan intervensi pasar paling agresif yang telah dilakukan Fed hingga saat ini.

Sebelumnya, Fed telah mengumumkan akan membeli Treasury senilai $ 500 miliar dan $ 200 miliar di MBS. Langkah baru ini mewakili komitmen terbuka untuk program QE.

“Kami berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada pekerja dan bisnis Amerika, khususnya bisnis kecil dan menengah dan industri kritis yang paling terkena dampak oleh coronavirus. Kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mendukung mereka dan melindungi ekonomi AS, “kata Menteri Keuangan Steven Mnuchin dalam sebuah pernyataan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here