Pertumbuhan Bisnis Jerman Turun Tajam Bulan Maret

238

(Vibiznews – Economy & Business) Kondisi bisnis di Jerman mencatat penurunan tertajam pada Maret sejak penyatuan kembali negara itu pada 1990, kata Ifo Institute for Economic Research pada Rabu (25/03).

Indeks iklim bisnis Ifo Jerman turun menjadi 86,1 pada Maret dari 96,0 pada Februari. Angka itu lebih rendah dari ekspektasi 87,7 dan terakhir di level ini pada Juli 2009.

Angka-angka terbaru datang ketika ekonomi Jerman dan dunia menghadapi ketidakpastian besar karena pandemi coronavirus. Virus yang muncul di China pada akhir 2019, telah membuat semua ekonomi utama hampir berhenti.

Banyak negara yang terkunci secara nasional, artinya hanya apotek dan toko kelontong yang buka; maskapai penerbangan sebagian besar berhenti lepas landas; dan jumlah kasus baru yang dikonfirmasi meningkat dari hari ke hari.

Harapan di antara perusahaan-perusahaan Jerman telah suram tidak seperti sebelumnya, lembaga itu juga mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dalam pembacaan pendahuluan, yang diterbitkan minggu lalu, lembaga itu telah memperingatkan bahwa ekonomi Jerman bergerak cepat ke dalam resesi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here