Bursa Eropa Turun Merespon Peningkatan Klaim Pengangguran AS

275

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa turun pada Kamis merespon data klaim pengangguran AS yang meningkat.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 1,6%, dengan saham minyak dan gas dan cadangan sumber daya dasar jatuh 3,4% untuk memimpin kerugian karena semua sektor dan bursa utama meluncur ke wilayah negatif.

Indeks FTSE turun 2,15%. Indeks DAX melemah 2,30%. Indeks CAC merosot 2,17%.

Langkah-langkah di pasar global datang meskipun Washington menjanjikan bantuan besar bagi ekonomi untuk mengurangi dampak virus. Senat dengan suara bulat menyetujui paket bantuan ekonomi senilai $ 2 triliun pada Rabu malam dan RUU stimulus sekarang menuju ke DPR, yang akan mendorong untuk melewatinya melalui pemungutan suara Jumat pagi karena sebagian besar perwakilan berada di luar Washington.

Di Eropa, para pemimpin Uni Eropa akan mengadakan pertemuan puncak virtual untuk membahas tanggapan mereka terhadap wabah coronavirus di tengah beberapa kritik terhadap kurangnya tanggapan terkoordinasi terhadap krisis. Italia dan Spanyol adalah negara yang paling terpukul di Eropa, dengan jumlah kematian di masing-masing negara melebihi 7.000 dan 3.500 masing-masing.

Dalam harga saham individu, saham Euronext anjlok lebih dari 10% dalam kesepakatan awal sementara perusahaan teknologi bahan Belgia Umicore turun lebih dari 8,5% setelah membatalkan prospek 2020 dan memotong dividennya di tengah ketidakpastian coronavirus.

Perusahaan perangkat lunak Jerman TeamViewer terus mendapat manfaat dari pekerja di seluruh Eropa yang dipaksa untuk bekerja dari rumah, naik 4,3% di awal perdagangan, sementara saham perusahaan telekomunikasi Belgia Proximus dan produsen pesawat terbang Inggris Meggitt juga naik lebih dari 4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa saham Eropa lanjutkan pelemahan akibat lonjakan klaim pengangguran AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here