Rekomendasi Harga Minyak 27 Maret 2020

163

(Vibiznews-Commodity) Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) melanjutkan konsolidasi mingguan, bergerak disekitar $24.00.  Para trader tetap mengabaikan langkah-langkah stimulus yang baru saja diumumkan oleh Federal Reserve dan pemerintah Amerika Serikat. Fokus para trader di pasar minyak tetap tidak berubah disekitar perang harga antara Rusia dengan Arab Saudi (dari sisi “supply”) dan prediksi dampak negatif yang signifikan atas industri minyak akibat wabah coronavirus (dari sisi “demand”).

Selain itu juga ada sentimen yang negatif terhadap minyak, dengan EIR melaporkan persediaan minyak mentah Amerika Serikat naik – meskipun kurang daripada yang diperkirakan – lebih dari 1,6 juta barel selama minggu lalu.

Harga minyak  mentah tetap berada di bawah tekanan yang berat. Ditengah-tengah volatilitas yang tinggi dan likuiditas yang tipis harga minyak mentah terpukul oleh kombinasi “demand” dan “supply” yang diakibatkan oleh karena wabah virus corona dan perang harga Arab Saudi dengan Rusia.

Arab Saudi dikabarkan kemungkinan besar akan meningkatkan produksinya ke rekor 12,3 juta barel per hari secepatnya di bulan April. Potensi kelegaan dari skenario harga murah ini bisa datang dari intervensi Amerika Serikat yang diharapkan akan bisa membuat terjadinya persetujuan antara Amerika Serikat, Rusia dan Arab Saudi. Semua bertujuan untuk membawa stabilisasi dipasar minyak.

“Support” terdekat menunggu di $23.41 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $20.08 dan kemudian $17.12. “Resistance” terdekat menunggu di $24.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $25.72 dan kemudian $27.48.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here