Tiga Alasan Mengapa EUR/USD Naik Terus

246

(Vibiznews-Forex) Pasangan EUR/USD telah mencapai ketinggian harian di 1.0988 selama jam perdagangan sesi London, dengan minat spekulatif tetap menjauh dari dolar AS dan sentimen pasar buruk.

Tidak ada lagi yang namanya: “dolar AS melawan semuanya”. Dolar AS biasanya akan mengalahkan semua rivalnya ketika para investor mencari “safe-haven” atau sebaliknya akan kalah terhadap tekanan ketika pasar pulih kembali. Mentalitas yang mudah dimengerti ini sekarang telah berubah, dengan trading yang lebih bervariasi. Beberapa alasan dibawah ini mungkin bisa menjelaskan variasi yang menyebabkan EUR/USD mengalami kenaikan.

Pertama, ketenangan yang muncul setelah keluarnya stimulus AS yang masif. Suntikan fiskal yang masif yang didukung oleh skema Quantitative Easing yang tanpa batas dari Federal Reserve telah membanjiri pasar dengan uang tunai dan kestabilan yang relatif. Atas dasar ini, matauang yang didukung oleh surplus neraca berjalan – dengan lebih banyak uang yang masuk daripada keluar dari negaranya – mengalami kenaikan. Dengan demikian Yen Jepang dan Euro naik.

Kedua, uang tunai akan membanjiri Eropa. European Central Bank  (ECB) telah membukakan program Quantitative Easing senilai €750 miliar minggu lalu dan sudah siap untuk mengambil langkah-langkah tambahan juga. ECB sedang mempertimbangkan untuk bisa membeli obligasi pemerintah tanpa batas dari negara-negara tertentu yang bisa memberikan dorongan berikutnya bagi ekonomi mereka. Secara keseluruhan, para pembuat kebijakan di Eropa sedang berada pada jalur yang benar.

Ketiga, lebih banyak harapan dari Itali. Negara di zona euro dengan perekonomian ketiga terbesar ini tetap menjadi episentrum krisis, namun ada tanda-tanda pengharapan. Angka mortalitas baru telah turun ke 683 dan kasus baru telah stabil disekitar 5000. Itali kemungkinan menunjukkan kemajuan dan harapan bisa mengatasi penyebaran di Eropa dan mendorong naik euro.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here