Sentimen Ekonomi Zona Eropa Merosot Terendah 35 Tahun

437

(Vibiznews – Economy & Business) Sentimen Ekonomi zona Eropa menurun paling tajam di bulan Maret akibat pandemi coronavirus menyebabkan kepercayaan menurun di antara konsumen dan semua sektor ekonomi.

Sentimen ekonomi di 19 negara dengan mata uang tunggal jatuh ke 94,5 poin pada Maret dari 103,4 pada Februari, demikian data survei Komisi Eropa menunjukkan pada Senin (30/03).

Penurunan tersebut merupakan penurunan bulanan tertajam sejak pencatatan dimulai pada 1985. Angka keseluruhan, terendah sejak September 2013, sedikit di atas rata-rata perkiraan rata-rata 93,0 dalam jajak pendapat para ekonom Reuters.

Tanggapan survei dikumpulkan antara 26 Februari hingga 23 Maret, tetapi dalam praktiknya sebagian besar berasal dari sebelum tindakan nasional diberlakukan, seperti penutupan sekolah, toko non-makanan, restoran, kafe dan fasilitas olahraga.

Untuk Jerman dan Italia, antara 71% hingga 85% tanggapan dikumpulkan sebelum tindakan pengendalian yang signifikan. Untuk Prancis, itu lebih dari 95%.

Penurunan dramatis dalam ekspektasi mengenai produksi dan permintaan di masa depan dan situasi ekonomi secara umum berada di bawah rekor penurunan. Harapan pekerjaan di masa depan juga memburuk.

Ekspektasi harga jual turun tajam di semua sektor bisnis, dipimpin oleh layanan dan ritel, meskipun ekspektasi harga konsumen meningkat.

Di antara ekonomi kawasan zona Eropa yang lebih besar, sentimen turun paling tajam di Italia, negara Eropa yang paling terpukul oleh krisis coronavirus ini, dan di Jerman sebagai negara ekonomi terbesar di zona Eropa.

Di Inggris yang kini telah meninggalkan Uni Eropa, penurunan hanya 3,5 poin menjadi 92,0.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here