Harga Kopi Robusta Turun ke Terendah 1 1/2 Minggu

428

(Vibiznews – Commodity ) – Harga kopi mixed pada penutupan pasar hari Senin, harga kopi Arabika naik karena masalah pasokan sedangkan harga kopi Robusta turun ke terendah 1 ½ minggu karena masalah permintaan.

Harga kopi Arabika Mei di ICE New York pada penutupan pasar hari Senin naik $3.45 (2.98%)  menjadi $119.30 dan harga kopi Robusta di London turun 0.50% .

Harga kopi pada hari Senin mixed dengan harga kopi Robusta turun ke terendah 1 ½ minggu. Sedangkan harga kopi Arabika mengalami kenaikan karena masalah pasokan setelah berita dari ICE persediaan turun ke terendah 1 ¾ tahun pada hari Jumat lalu menjadi 2.008 juta kantong.

Masalah pasokan di Amerika Selatan menjadikan factor kenaikan harga kopi Arabika. Sao Paulo Brazil memulai karantina 15 hari sejak hari Selasa lalu, Kolumbia juga melakukan lockdown 3 minggu dan El Salvador menutup semua bisnis yang tidak terlalu penting sampai 3 April.

Para pedagang kopi Volcafe mengatakan kepada seluruh pelanggannya tidak dapat memenuhi permintaan karena masalah pengiriman dengan banyaknya negara penghasil kopi tertutup sehingga pengiriman kopi tidak berlangsung.

Rabobank pada hari Kamis memperkirakan dengan meningkatnya pandemic virus corona di Brazil, maka semua panen bisa terhenti karena panen di Brazil menggunakan banyak tenaga manusia sedangkan semua orang Brazil sedang dalam karantina.

Sementara terbatasnya persediaan kopi kenaikan harga dibatasi karena berkurangnya permintaan menurun akibat tutupnya restoran, café dan bar di hampir seluruh dunia untuk mencegah terbesarnya virus corona.

Harga kopi juga akan turun karena melemahnya real Brazil terhadap dolar dan real Brazil pada hari Senin turun 1.44% terhadap dolar dan turun ke terendah satu minggu tapi masih diatas harga terendah hari Rabu lalu di 5.2523 real/USD. Melemahnya real membuat harga kopi Arabika Brazil lebih murah bagi pembeli luar Brazil.

Harga kopi robusta sempat naik karena berita dari Vietnam General Statistics Office hari Jumat lalu bahwa ekspor kopi Vietnam dari Januari sampai Maret turun 3.9% dari tahun lalu menjadi 469.000 MT.

Analisa tehnikal untuk kopi Arabika dengan suppor pertama di $116 dan berikut ke $110 sedangkan resistant pertama di $124 dan berikut $131.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here