Bursa Eropa Melonjak Seiring Melambatnya Kasus Baru Coronavirus

720

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa naik tajam Senin (06/04) seiring melambatnya kasus baru infeksi coronavirus di wilayah Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 3,1% pada awal perdagangan, dengan sektor otomotif melonjak 5,8% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 2,17%. Indeks DAX melonjak 4,42%. Indeks CAC menguat 3,69%.

Kenaikan Saham didukung oleh data yang menunjukkan tingkat infeksi coronavirus baru dan kematian di wilayah Eropa melambat.

Italia, yang merupakan pusat pandemi Eropa sebelum Spanyol mengambil alih dalam hal jumlah kasus, melaporkan jumlah kematian COVID-19 harian terendah selama lebih dari dua minggu pada hari Minggu, catat Reuters.

Jerman melaporkan perlambatan dalam tingkat kasus baru pada hari Minggu untuk hari ketiga berturut-turut sementara di Spanyol, tingkat infeksi dan kematian baru terus menurun.

Kirill Dmitriev, CEO dana kekayaan negara Rusia RDIF, mengatakan kepada CNBC pada hari Senin bahwa Moskow dan Riyadh sudah sangat dekat dengan kesepakatan pengurangan produksi minyak.

Dalam hal saham individu, perusahaan keamanan Inggris G4S melihat sahamnya melonjak 22% pada Senin pagi, rebound dari kerugian satu hari terburuk dalam sejarah pada hari Jumat, sementara operator tur Carnival melonjak 17%. Tidak ada kerugian signifikan untuk blue chips Eropa di awal perdagangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik seiring melambatnya kasus baru infeksi coronavirus di wilayah Eropa. Harapan kesepakatan penurunan produksi Rusia dengan Arab Saudi juga memberikan dukungan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here