Harga Kopi Naik Karena Menguatnya Kurs Real Brazil

262

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi naik pada penutupan pasar hari Senin karena menguatnya real Brazil.

Harga kopi Arabika Mei di ICE New York naik $1.75 (1.52%) menjadi $116.65 dan harga kopi Robusta di ICE London naik 0.25%.

Harga kopi pada hari Senin ditutup naik karena menguatnya real Brazil. Pada hari Senin kurs real naik 1.3% terhadap dolar recover dari kurs terendah hari Jumat di 5.3225 real/USD. Penguatan real membuat harga kopi menjadi mahal bagi pembeli luar negeri sehingga ekspor berkurang.

Pada awal pasar hari Senin harga kopi Arabika sempat turun ke terendah 2 minggu karena kelanjutan dari turunnya harga pada hari Jumat ketika International Coffee Organization (ICO) menurunkan perkiraan pasar kopi global di 2019/20  menjadi deficit 474,000 kantong dari perkiraan Februari sebesar 476,000 kantong. ICO mengatakan melemahnya ekonomi global tahun ini dan meningkatnya tingkat pengangguran akan mengurangi permintaan kopi dan membuat harga kopi turun.

Faktor yang juga meningkatkan harga kopi adalah curah hujan yang tinggi di Brazil membuat tertundanya panen kopi. Menurut Somar Meteorologia pada hari Senin di daerah Minas Gerais, daerah perkebunan kopi terbesar curah hujan sebesar 35.2 mm pada minggu terakhir atau 141% dari rata-rata.

Harga kopi juga meningkat karena berita dari the Colombia Coffee Growers Federation pada hari Jumat bahwa produksi kopi Colombia bulan Maret turun 12 % dari tahun lalu menjadi 806,000 kantong dan ekspor kopi Maret turun 21% dari tahun lalu menjadi 903,000 kantong. Colombia negara produsen kopi Arabika ke dua di dunia.

Kenaikan harga kopi bisa terhenti karena penyebaran virus corona secara global membuat  tutupnya banyak restoran, café dan bar di hampir seluruh negara di dunia sehingga permintaan kopi berkurang.

Harga kopi juga meningkat karena persediaan kopi di AS menurun, dari berita monitoring ICE persediaan kopi turun ke 2 tahun terendah pada hari Kamis lalu di 1.947 juta kantong.

Analisa tehnikal untuk kopi Arabika dengan support pertama di $114 dan berikut ke $112 sedangkan resistant pertama di $121 dan berikut di $124.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here