Bursa Eropa Mixed Mencermati Perlambatan Kasus Coronavirus

354

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan mixed pada Selasa (14/04) mencermati perlambatan kasus coronavirus di berbagai negara Eropa.

Indeks Stoxx 600 bergerak naik sekitar 0,6%, dengan saham perawatan kesehatan naik 1,9% untuk memimpin kenaikan sementara sektor perjalanan dan liburan turun 1,6% lebih rendah.

Indeks FTSE turun 0,52%. Indeks DAX naik 1,05%. Indeks CAC turun 0,14%.

Negara-negara Eropa, seperti Italia dan Spanyol yang telah menjadi yang paling parah terkena dampak virus corona, sekarang berupaya untuk mengurangi beberapa pembatasan pada kehidupan publik karena jumlah infeksi baru dan kematian harian telah menurun.

Spanyol mengizinkan beberapa bisnis konstruksi dan manufaktur dan dibuka kembali pada Senin dan Italia juga memungkinkan beberapa bisnis dibuka kembali pada Selasa. Sementara itu, Jerman sedang mempertimbangkan pemulihan bertahap dari pandemi coronavirus, menteri kesehatan negara itu, seperti yang dilansir CNBC.

Dalam hal saham individu, pembuat chip AMS naik 7,2% di awal perdagangan, sementara Orphan Biovitrum Swedia, Diasorin dan Just Eat semua naik lebih dari 6%.

Di bagian bawah patokan Eropa, operator bioskop Cineworld anjlok 11%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak mixed dan cenderung menguat jika sentimen positif perlambatan kasus di berbagai negara Eropa terus terjadi dan negara-negara Eropa mulai menjalankan beberapa bisnis.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here