Harga Kopi Arabika Naik, Akibat Kesulitan Pengiriman di Amerika Selatan

570

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi Arabika pada hari Senin meningkat akibat sulitnya pengiriman kopi dari petani ke pedagang ataupun untuk diekspor di Amerika Selatan karena penutupan di Negara produsen kopi Amerika Selatan untuk mencegah penyebaran covid 19.

Harga kopi Arabika Mei di ICE New York naik $1.15 (0.97%) menjadi $119.75 dan harga kopi Robusta Mei di ICE London tidak buka karena libur Paskah.

Volcafe pedagang kopi besar, mengatakan pandemic virus corona akan semakin meluas di negara produsen kopi, sehingga pengiriman kopi akan tertunda di Pelabuhan maupun dengan  transportasi lainnya.

Negara bagian Sao Paulo di Brazil sudah karantina  sejak 24 Maret selama 15 hari dan Colombia melakukan 3 minggu lockdown. Panen di Brazil tidak dapat berlangsung karena pandemic virus corona membuat petani tidak dapat melakukan  panen karena proses panen menggunakan tenaga manusia sedangkan pada saat ini pekerja lokal dan buruh tani diharuskan untuk tinggal dirumah.

Harga kopi meningkat juga karena persediaan kopi AS dimana persediaan kopi hasil monitoring dari ICE  turun ke dua tahun terendah pada hari Senin menjadi 1.903 juta kantong.

Harga kopi turun karena cuaca kering di Brazil akan meningkatkan panen. Laporan dari Somar Meteorologi pada hari Senin curah hujan di perkebunan kopi terbesar  Minas Gerais, sebesar 5.8 mm pada minggu lalu atau 25% dari rata-rata.

Harga kopi sempat turun dari harga tertinggi hari Senin karena melemahnya real Brazil sebesar 1.37% terhadap dolar  masih sedikit diatas harga terendah 5.3225 real/USD sejak 3  April. Melemahnya real Brazil membuat harganya lebih murah bagi pembeli di luar Brazil sehingga ekspor dapat meningkat.

Pemerintah Vietnam menetapkan lockdown 15 hari sejak 1 April, sehingga terjadi gangguan dalam pengiriman, di negara produsen kopi terbesar di dunia tersebut. Vietnam General Statistics office mengatakan pada 27 Maret bahwa ekspor kopi dari Januari – Maret turun 3.9% dari tahun lalu menjadi 469,000 MT.

Analisa tehnikal untuk kopi Arabika dengan support pertama di $116 dan berikut ke $112 sedangkan resistant pertama di $122 dan berikut ke $124.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here