Bursa Eropa Positif Mencermati Harga Minyak dan Laporan Laba Perusahaan

354

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Selasa (28/04) mencermati pergerakan harga minyak dan laporan pendapatan perusahaan.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,6% lebih tinggi pada awal perdagangan, dengan saham asuransi menambahkan 2,1% untuk memimpin kenaikan karena sebagian besar sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE melonjak 1,61%. Indeks DAX naik 1,68%. Indeks CAC menguat 1,44%.

Pasar minyak global berfokus pada harga minyak yang terus turun karena coronavirus telah menekan permintaan minyak global yang membuat harga jatuh.

Harga minyak turun 12% selama perdagangan semalam, memperpanjang penurunan hampir 25% pada Senin di tengah kekhawatiran yang sedang berlangsung bahwa melimpahnya penyimpanan di seluruh dunia.

Namun harga minyak berjangka Brent bergerak naik sore ini, yang memberikan dukungan bagi pasar eropa.

Pandemi virus corona tetap menjadi fitur berita utama untuk pasar. Lebih dari 3 juta orang sekarang dilaporkan telah terinfeksi oleh coronavirus di seluruh dunia dan lebih dari 210.800 telah meninggal, menurut Universitas Johns Hopkins.

HSBC, bank terbesar di Eropa, mengatakan pada hari Selasa bahwa laba sebelum pajak turun 48% tahun-ke-tahun menjadi $ 3,229 miliar pada kuartal pertama 2020, sementara pendapatan turun 5% menjadi $ 13,686 miliar.

Penghasilan di tempat lain di Eropa juga mempengaruhi sentimen, dengan laporan dari BP, Santander, UBS, Novartis dan Carrefour, antara lain pada hari Selasa.

BP melewatkan ekspektasi laba untuk membukukan laba biaya penggantian pengganti kuartal pertama, yang digunakan sebagai acuan untuk laba bersih, sebesar $ 800 juta. Itu dibandingkan dengan $ 2,4 miliar pada kuartal pertama 2019, mencerminkan penurunan 67%.

UBS melaporkan Selasa, peningkatan laba 40% untuk kuartal pertama 2020 pada tahun sebelumnya, dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemegang saham datang pada $ 1,6 miliar.

Santander, bank zona eropa terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, melaporkan penurunan laba bersih kuartal pertama 82% dari tahun ke tahun di belakang provisi yang lebih tinggi atas kerugian kredit yang diperkirakan dari wabah coronavirus.

Dalam hal aksi harga saham individu, saham Lufthansa melonjak lebih dari 7,5% pada awal perdagangan setelah laporan bahwa negara Jerman telah setuju untuk memberikan maskapai paket penyelamatan senilai sekitar 9 miliar euro.

Saham Games Workshop bertambah 7% setelah memperkirakan bahwa laba sebelum pajak untuk tahun yang berakhir 31 Mei 2020 tidak kurang dari £ 70 juta ($ 87 juta).

Di ujung lain dari tolok ukur Eropa, perusahaan pembayaran Jerman Wirecard anjlok lebih dari 16% setelah rilis laporan KPMG ke dalam praktik akuntansinya, yang tidak menemukan aktivitas mencurigakan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak positif jika laporan laba perusahaan mencatatkan hasil positif dan harga minyak mentah berjangka Brent terus menguat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here