Bursa Eropa Bergerak Naik Tepicu Harapan Penemuan Obat Covid-19

628

(Vibiznews  Index) Pasar Saham Eropa melonjak pada hari Rabu (29/04) setelah Gilead Sciences mengklaim pihaknya melihat data positif dari uji coba obat remdesivir sebagai pengobatan coronavirus.

Indeks Stoxx 600 naik 1% selama transaksi sore, setelah melayang di sekitar garis datar untuk sebagian besar sesi. Sektor Otomotif melonjak 4,2% untuk memimpin kenaikan sementara saham perawatan kesehatan turun 1,3% lebih rendah.

Indeks FTSE melonjak 2,36%. Indeks DAX menguat 2,17%. Indeks CAC naik 1,61%.

Sentimen investor terangkat setelah Gilead mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa pihaknya melihat akan data positif yang muncul dari studi National Institute of Allergy and Infectious Diseases tentang remdesivir antivirus yang diteliti untuk pengobatan Covid-19.

Perusahaan mengatakan akan membagikan data dari uji coba, yang menguji remdesivir pada pasien dengan gejala coronavirus yang parah dalam waktu segera.

Pasar global juga sedang menunggu hasil pertemuan kebijakan dua hari The Fed yang menyimpulkan Rabu, meskipun tidak ada tindakan yang diperkirakan dari bank sentral.

Kembali di Eropa, kepercayaan ekonomi zona Eropa mengalami penurunan tertajam pada bulan April, menurut survei Komisi Eropa bulanan yang diterbitkan Rabu. Sentimen ekonomi anjlok ke 67.0 di bulan April dari revisi ke bawah di 94.2 di bulan Maret.

Ini adalah hari yang sibuk untuk mendapatkan penghasilan di Eropa dengan Airbus, Deutsche Bank, Barclays, GSK, Standard Chartered, dan Volkswagen semuanya melaporkan.

Barclays membukukan penurunan 42% dalam laba bersih kuartal pertama yang diatribusikan kepada pemegang saham tahun-ke-tahun, dan memilih untuk mengambil biaya penurunan nilai kredit £ 2,1 miliar ($ 2,62 miliar), karena upaya untuk mengantisipasi dampak dari pandemi coronavirus. Saham Barclays naik 11% pada sore hari di belakang hasil yang kuat dari divisi perbankan investasinya.

Standard Chartered melaporkan penurunan laba 12% yang diatribusikan kepada pemegang saham, karena bank yang berfokus pada pasar berkembang mengutip tanda-tanda awal pemulihan ekonomi di Tiongkok. Saham Standard Chartered diperdagangkan 8% lebih tinggi.

Deutsche Bank berayun ke kerugian kuartal pertama 43 juta euro dan mengalokasikan provisi 260 juta euro untuk menangani potensi kerugian pinjaman sebagai akibat dari krisis coronavirus. Saham bank naik 7% selama perdagangan sore.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, AMS melonjak lebih dari 23% setelah laporan pendapatan kuartal pertama, di mana pembuat chip Austria memproyeksikan dampak terbatas dari virus corona pada kuartal kedua.

Di ujung lain dari patokan Eropa, produsen alat bantu dengar Denmark GN Store anjlok 7% setelah perkiraan pendapatan yang meleset, sementara Wirecard Jerman terus menurun pada ketidakpastian seputar tinjauan independen terhadap praktik akuntansi, turun 10% pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa eropa bergerak positif dengan harapan penemuan obat untuk covid-19. Pelonggaran Lockdown juga memberikan dukungan untuk bursa eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here