Lonjakan Minyak Dunia Support Penguatan Harga Batubara

500

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara acuan dunia kini terpantau sedang mendaki terus masuki hari ketiga, yang telah meninggalkan posisi harga di kisaran US$50. Harga batubara acuan dunia NewCastle di perdagangan komoditas berjangka  bursa ICE Eropa hari Rabu (29/04/2020) dibuka menguat lebih tinggi dari sebelumnya.

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2020 dibuka pada posisi US$52,00 per ton  yang menguat 0.15 poin atau 0,29% dari penutupan perdagangan sebelumnya.

Kenaikan harga batubara yang moderat ini banyak disumbang sentimen investor terhadap pergerakan harga minyak mentah dunia yang terus mendaki pekan ini setelah pekan lalu berada di posisi terburuk.

Harga minyak mentah jenis Brent yang merupakan acuan internasional pada perdagangan sesi Eropa berada pada posisi US$21,66 per barel atau alami kenaikan 5 persen lebih dari perdagangan sebelumnya. Selain itu harga minyak WTI juga rally kuat hingga naik 16 persen lebih ke posisi US$14.64 per barel.

Secara fundamental, harga batubara memang sudah cukup lama tertekan oleh pandemik covid-19. Permintaan batubara secara global masih lemah yang diperberat lagi perpanjangan masa penundaan impor negara konsumen besar seperti India dan China.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here